masaktv on Instagram

Masak TV

Video Podcast/Webseries Seputar Masak Memasak! Kalo ada yang mau ditanyain langsung, silakan chat kami melalui Line di @masaktv yaa.

https://www.youtube.com/user/masaktv

Report inappropriate content

Sop hangat yang cocok dikonsumsi saat badan kurang sehat ataupun saat udara dingin, Sop Kimlo! Cc: @faisallanin Bahan: 1 dada ayam rebus potong dadu 500 g ayam giling 2 ltr kaldu ayam 2 btg seledri 5 siung bawang putih 3 cm jahe 5 buah bakso udang/ikan 1 buah wortel 50 g jamur kuping  50 g sedap malam, ikat 100 g soun, rebus, tiriskan 1 sdm kecap ikan 2 sdt kecap asin 1 sdt saus tiram Garam Lada Cara Membuat: 1. Rebus dada ayam hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong kotak-kotak.Sisihkan air rebusan. 2. Potong-potong bakso, wortel, jamur kuping dan seledri sesuai selera. 3. Geprek bawang putih dan potong jahe. Cincang kasar bawang putih. 4. Campurkan ayam giling, sebagian jamur kuping, bengkuang, wortel, bawang goreng, sebagian soun, sebagian bawang putih, dan tepung sagu tani. 5. Panaskan minyak, masukkan bawang putih dan jahe. Tumis hingga wangi. Angkat dan sisihkan. 6. Panaskan kaldu ayam. Masukkan seledri, tumisan bawang putih dan jahe, aduk rata. 7. Cetak adonan ayam dengan sendok lalu tambahkan ayam, bakso dan wortel. Masak selama 10 menit atau hingga mendidih. 8. Masukkan jamur kuping dan sedap malam ke dalam rebusan. Masak sebentar hingga agak layu. Dan masukan baso ayam . 9. Kecilkan api lalu tambahkan kecap ikan, minyak wijen dan kecap asin Aduk rata lalu bumbui dengan lada garam dan gula sesuai selera. 10. Sajikan hangat. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

5

Roti tawarnya masih sisa banyak? Daripada nggak kemakan, buat Puding Roti aja! Bahan: 5 lbr roti tawar tanpa pinggiran, potong-potong 300 ml susu putih cair 2 btr telur ayam 50 gr gula pasir 30 gr mentega 1 sdt bubuk kayu manis ¼ sendok teh vanili bubuk Garam 30 gr kismis Cara Membuat : 1. Rebus susu putih cair dan margarin menjadi satu dalam satu wadah. 2. Siapkan telur, gula, dan vanili, kocok menjadi satu di wadah yang berbeda. 3. Tuang susu dan margarin yang sudah direbus ke dalam adonan telur, tambahkan bubuk kayu manis dan sedikit garam. 4. Siapkan loyang atau wadah yang sesuai selera, masukkan roti dan kismis. Tuang adonan dan kukus selama 10-15 menit.  5. Keluarkan dari kukusan, tunggu hingga hilang uap panasnya, masukkan ke dalam lemari es jika lebih suka puding dingin. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

6

Sumatera Barat memang kaya akan makanan bersantan. Salah satunya adalah gulai kepala ikan! Bahan: 1 kepala ikan kakap 500 ml santan cair  200 ml santan kental  3 buah asam kandis 5 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam  1 lembar daun kunyit  2 btg serai  Minyak Bumbu halus : 7 siung bawang merah 5 siung bawang putih  10 buah cabai merah keriting 3 cm jahe 3 cm kunyit 3 cm lengkuas 1 sdt ketumbar. Sangrai  ½ sdt gula 1 sdt garam  ½ sdt lada putih Cara Membuat: 1. Cuci bersih kepala ikan kakap lalu buang insangnya kemudian beri perasan jeruk nipis agar ikan tidak amis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Tiriskan. 2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, jahe, lengkuas, ketumbar dan kunyit. Masukkan air ke wadah blender agar tidak ada bumbu yang tersisa. 3. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan ditambahkan daun jeruk, daun salam, daun kunyit, serai dan asam kandis kemudian masukkan air dari wadah blender tadi. 4. Masukan kepala ikan kemudian masak ikan bersama bumbu hingga ikan berubah warna.  5. Kemudian tambahkan santan cair aduk rata agar santan tidak pecah. Masak dengan menggunakan api kecil kemudian beri garam, lada, dan gula untuk menambah rasa. 6. Setelah kuah mendidih tambahkan santan kental kemudian aduk rata. 7. Gulai kepala ikan siap disajikan. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

4

Menu makan malam yang berkuah dengan cita rasa pedas dan segar, Empal Gentong! Bahan  500 gr daging sapi (has, sandung lamur, atau kikil) 300 gr jeroan (babat, paru, usus) 500 ml santan Minyak Bumbu: 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih  ½ sdt lada putih  2 cm kunyit 5 btr cengkeh  2 btg serai, memarkan 3 lbr daun salam  3 buah kemiri Garam Lada Pelengkap: Bawang goreng Kucai Kerupuk kulit Jeruk nipis Cara Membuat: 1. Rebus daging dan jeroan secara terpisah dengan api kecil sampai empuk. 2. Tiriskan, sisihkan kaldu rebusan daging untuk kuah empal gentong. Rebusan jeroan sebaiknya dibuang. 3. Daging dan jeroan dipotong dadu. 4. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, lada putih, garam, dan kemiri.  5. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan serai, daun salam, dan cengkeh, tumis sebentar lagi. 6. Campurkan tumisan dengan kaldu. Masukkan potongan daging dan jeroan, masak dengan api kecil hingga mendidih. 7. Sajikan dengan rajangan kucai dan bawang merah goreng. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

5

Mie yang digoreng garing lalu disiram dengan tumisan ayam, seafood dan sayur! I Fu Mie! Bahan Utama: 300 g mie telur 150 g daging ayam 100 g udang 100 g cumi 5 buah bakso ikan 1 buah wortel ½ buah kembang kol 1 btg sawi hijau 3 siung bawang putih, cincang 1 cm jahe 1 sdm kaldu bubuk 1 sdm tepung maizena Garam Lada Gula Minyak goreng Air 1 sdm kecap asin Angciu (karena tidak diperbolehkan bagi yang beragama islam, maka dapat diganti dengan perasan lemon) Minyak wijen Saus tiram Bahan Pelengkap: Bawang Goreng Cara Membuat: 1. Blansir mie, goreng hingga kering. 2. Potong-potong sayuran, iris tipis jahe, cincang bawang putih, kerat punggung udang, cumi, potong ayam, dan bakso. 3. cairkan maizena. panaskan minyak. masukkan ayam, udang, dan cumi. tambahkan angciu, sisihkan.  4. Panaskan kembali wajan, tumis dengan minyak bawang putih dan jahe, masukkan berbagai macam saus sesuai takaran. masukkan daging ayam, udang dan cumi, beri air. tambahkan irisan cabai merah besar dan bumbui. Masukkan larutan maizena, dan minyak wijen. masak hingga mengental. 5. Letakkan mie yang sudah digoreng lalu siram dengan saus. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

46

Bosen udangnya digoreng doang? Bikin yang dipepes yuk! Bahan: 500 gr udang 1 btg serai, iris tipis 1 helai daun bawang, iris Bumbu Halus: 5 siung bawang Putih 5 siung bawang Merah 5 btr kemiri 2 ruas kunyit 2 buah cabai rawit merah 3 buah cabai merah besar Cara Membuat: 1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, cabai merah besar, cabai keriting. 2. Iris daun bawang, cabai merah besar. 3. Bakar daun. 4. Campurkan udang dengan bumbu halus yang telah dihaluskan. Masukkan lada, garam dan gula. Campurkan kembali. Masukkan daun bawang dan irisan serai. 5. Masukkan udang ke daun untuk pepes. Beri cabai merah besar. Bungkus. 6. Kukus pepes selama 5 menit. Sajikan dengan nasi panas. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

0

Jajanan khas kota Makassar yang terbuat dari pisang yang masih mentah. Hmm kira-kira rasanya kayak apa ya? Bahan: 1 sisir pisang 100 gr gula jawa 50 gr gula putih Margarin Cara Membuat: 1. Sisir gula jawa, panaskan air sedikit, masukkan gula jawa yang sudah disisir. 2. Masukkan gula pasir, rebus sampai gula larut dan mengental. 3. Pisang yang setengah matang diberi margarin dan dipanggang di atas wajan anti lengket atau di atas arang. 4. Setelah terbakar sebagian, angkat dan gepuk-gepuk sedikit dengan ulukan. 5. Sajikan dengan saus gula jawa. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

15

Kalau kamu lagi pengen makan yang pedes, cocok nih kalau masak Ayam Patah Lado khas Minang! Bahan: 1/2 ekor ayam 10 siung bawang merah  7 siung bawang putih  2 cm lengkuas  2 cm jahe 1 btg serai 4 lbr daun jeruk 3 lbr daun salam  10 buah cabai rawit hijau  5 buah cabai hijau besar  800 ml air  Garam Lada Gula 3 btg daun bawang Cara Membuat: 1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau besar. Kemudian Iris besar daun bawangnya, sekitar 2 cm. 2. Masukkan air ke dalam panci kemudian masukkan daun salam,batang serai, daun jeruk dan semua bahan yang telah di iris tipis tadi kecuali daun bawang. Didihkan lalu masukkan potongan ayam.  3. Bumbui dengan garam, lada ,dan gula. 4. Masak hingga ayam matang sambil sering di buang busa yang ada di permukaan. 5. Setelah ayam matang, masukkan daun bawang.  6. Masak lagi sebentar lalu sajikan. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

17

Wajik yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang kenyal, cocok buat teman ngeteh atau ngopi! Resep: 200 g gula merah, disisir 300 g beras ketan putih, di rendam hingga 1 jam 125 ml air 200 ml santan Garam 2 lembar daun pandan Cara Membuat: 1. Rendam beras ketan selama kurang lebih 15 menit hingga mekar, kemudian sisihkan. 2. Rebus air beserta daun pandan hingga mendidih. Kemudian masukkan beras ketan yang sudah direndam. Setelah itu masak hingga meresap dan setengah matang. 3. Kukus beras ketan selama kurang lebih 20 menit hingga 3/4 matang. Setelah itu angkat dan dinginkan. 4. Rebus santan beserta gula merah dan garam hingga larut dan terlihat sedikit kental.  5. Masukkan ketan kukus ke dalam panci rebusan santan dan gula merah, setelah itu masak di atas api takaran kecil sambil anda aduk – aduk hingga meresap dan terlihat kering. 6. Tuang di dalam loyang ukuran 20x20x 4 cm( dengan tebal 11/2 cm) yang sebelumnya telah dialasi daun pisang. Kemudian padatkan dan dinginkan. Setelah itu potong-potong sesuai selera anda. 7. Sajikan. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

16

Belum ada menu untuk makan siang? Yuk bikin Fu Yung Hai sendiri! Bahan 4 btr telur ayam Garam Lada 2 siung bawang putih 25 gr bawang bombai 40 gr udang kupas Saus: 1/2 sdm margarin 15 gr bawang bombai 1 siung bawang putih 1 buah cabai merah besar 25 gr wortel 1 btg daun bawang 100 ml air 3 sdm saus tomat 1/2 sdt gula pasir 1/2 sdt cuka masak 1/2 sdt garam 1/2 sdt tepung kanji 25 gr kacang polong Cara Membuat: 1. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, beri garam, lada, udang, tepung kanji, bawang bombai dan saus ikan. Kocok lepas telur. 2. Goreng telur menjadi empat bagian dengan minyak yang banyak. Tiriskan. 3. Panaskan wajan, tambahkan minyak dan margarin. Masukkan bawang bombay dan bawang putih yang sudah di cincang. 4. Tambahkan wortel dan cabai, masak hingga layu dan masukkan saus tomat dan air. 5. Bumbui dengan garam, lada, gula dan cuka. Masukkan daun bawang, tepung maizena agar mengental. 6. Taruh telur di piring, siram dengan saus. Fu Yung Hai siap disajikan. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

3

Yang hangat-hangat dan lembut memang paling pas dinikmati jam-jam segini, Hummus! Bahan: 500 g kacang chickpeas rebus 250 ml tahini  50 ml minyak zaitun 100 gr daun parsley Air Es Batu Perasan lemon Tumisan daging samosa Garam Cara Membuat: 1. Masukkan kacang chickpea rebus, tahini, es batu, perasan lemon dan sedikit garam ke dalam food processor, haluskan. 2. Tambahkan lagi tahini bila mau. 3. Letakkan hummus di atas mangkuk saji, bentuk lalu tambahkan minyak zaitun, tumisan daging samosa yang telah matang dan mix herbs. 4. Hias dengan irisan parsley. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

1

Jajanan pasar yang ngangenin, yuk nostalgia masa kecil sambil ngemil Kue Lupis! Cc: @anstatasya Bahan: ½ buah kelapa parut, kukus selama 5 menit Daun pisang uk.8-10 cm untuk membungkus lupis Bahan Lupis: 250 g beras ketan putih 500 ml air 2 sdm gula pasir ½ sdt garam Bahan Kuah: 300 gr gula merah 2 lembar daun pandan 250 ml air Cara membuat: 1. Rendam beras ketan selama 1-3 jam. 2. Rebus beras ketan setengah matang.  3. Siapkan daun pisang dan bentuk kerucut segitiga. 4. Isi daun pisang dengan ketan sebanyak 1-2 sdm atau sesuaikan dengan ukuran daun pisang, padatkan dan bentuk segitiga, rapikan. Semat atau ikat lupis yang sudah dibungkus dengan daun pisang agar tidak terbuka saat direbus nanti. 5. Rebus lupis selama 2 jam, atau sampai matang. Angkat dan keluarkan kue lupis dari daun pisang, kemudian balur dengan parutan kelapa yang telah dikukus. 6. Sajikan kue lupis dengan kuah gula. Untuk kuah: 1. Rebus air bersama dengan gula merah dan daun pandan, beri sedikit garam. Masak hingga mengental. Sisihkan dan biarkan dingin. #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #indovidgram

13