nrmnhdyt on Instagram

Nurman Hidayat | Nurman

👤 Akun Pribadi; 📚Penuntut Ilmu; 📵 Please Akhawat, no DM; 🔒 Hanya ingin mengaja Hati dan Diri; 📱 Needs Kuota Internet👇.

http://bit.ly/Azeera_Cell

Report inappropriate content

Nongkrong yuk bro/sist? Eits tanya dulu nongkrong nya untuk apa, ada manfaatnya gak, kalo nongkrong bahas tentang ilmu yang bermanfaat yuk kuy! . . #repost #nongkrong #bro #sist #cangkrukan #akhi #ikhwan #akhwat #ukhti

3

Bismillah... Nihh !! buat yang kalo mau MAGHRIB masih suka KELUYURAN... . dengan alasan ingin jalan-jalan atau yang lainnya, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana sunnah nya yang benar ketika menjelang waktu maghrib. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat . Beberapa Sunnah Nabi ﷺ di Waktu Maghrib . . Pertama : Termasuk sunnah, memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib . Kedua : Termasuk sunnah, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala . Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumahketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut, demikian pula menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah pada saat tersebut. Dan betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orang tua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita. . Dalil perbuatan ini adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: . . “Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan : jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012). . 📝Sumber : muslim.or.id Caption by: @lampung.sunnah Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #woy #magrib #syaiton #setan #keluyuran #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

9

Bismillah... Nah buat yang nunda bayar utang nih padahal tau kewajiban segera membayar utang, jangan sampai utang itu dibawa mati :( , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِىَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). Ibnu Majah juga membawakan hadits ini pada Bab “Peringatan keras mengenai hutang.” . Baca lebih lengkapnya di situs https://rumaysho.com/187-bahaya-orang-yang-enggan-melunasi-hutangnya.html . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #woy #bayar #hutang #wajib #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

8

Bismillah... Nah buat yang habis makan pake tangan kanan terus gak mau jilatin beralasan jorok, padahal ini sunnah dan ada manfaatnya loh , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Menjilat tangan sebelum mencuci atau mengusapnya, Lanjutan dari hadits Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.”[HR. Muslim no. 2033] . Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari (seusai makan) adalah sesuatu yang disyari’atkan (dianjurkan). Alasannya sebagaimana yang disebutkan di akhir hadits, yaitu karena orang yang makan tidak mengetahui di manakah barokah yang ada pada makanannya. Makanan yang disajikan pada orang yang makan benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan, atau pada makanan yang tersisa pada jari atau pada mangkoknya, atau pada suapan yang terjatuh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini agar ketika makan pun bisa meraih barokah. Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya.” . An Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dibolehkan mengusap tangan dengan serbet, namun yang sesuai sunnah (ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) dilakukan setelah menjilat jari. [Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 13/204-205]. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #dijilat #dielap #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

19

Bismillah... #selfreminder Nah ambilah makanan yang terdekat dulu dan jangan lupa kalo bisa pake 3 jari, kenapa enggak? Sunnah itu pasti banyak manfaatnya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim) . Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud). . 📝Muslimah.or.id ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

33

Bismillah... (Upload lagi, di silent aja biar aman :v) Jika memang layak diperjuangkan, maka perjuangkanlah... . . #isengisengberhadiah #pict #art #video #filmpendek #motion #story

6

Rehat sejenak, tetapi tetap ada ilmunya :D . . #repost #beard #jenggot #sunnah #wajib

35

Bismillah... #selfreminder Laa Taghdob... Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam juga pernah menasihatkan, “Apabila salah seorang dari kalian marah dalam kondisi berdiri maka hendaknya dia duduk. Kalau marahnya belum juga hilang maka hendaknya dia berbaring.” (HR. Ahmad, Shohih). . Dahulu ada juga seorang lelaki yang datang menemui Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dan mengatakan, “Wahai Rosululloh, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka.” Maka beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan.” (HR. Thobrani, Shohih). .📝Muslim.or.id . . #repost #laataghdob #ustadzsyafiqrizabasalamah

5

“Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” [HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al jami’, no. 6368]. 📝 Muslim.or.id . #repost #pelangiislam #ustadzkhalidbasalamah

1

Jika seseorang melakukan keburukan terhadapmu, terlebih khusus lagi jika mereka adalah kerabat-kerabatmu, sahabat-sahabatmu, mereka berbuat buruk kepadamu, baik melalui lisan mereka maupun perbuatan mereka, maka balaslah mereka dengan kebaikan. Jika mereka memutus silaturahmi denganmu, maka sambunglah kembali silaturahmi tersebut. Jika mereka berbuat zholim kepadamu, maka maafkanlah. . Jika mereka menjelek-jelekkanmu, di belakang maupun di hadapanmu, maka jangan engkau jelek-jelekkan mereka kembali, bahkan maafkanlah mereka, dan balas mereka dengan perkataan yang lembut. Jika mereka mengacuhkanmu, tidak mau berbicara denganmu, maka mulailah salam kepada mereka, sapalah mereka dengan baik. . Niscaya jika engkau telah melakukan itu semua, suatu saat nanti mereka akan berbalik menyukaimu, yang sebelumnya memusuhimu, berbalik menjadi teman setiamu. . ➡ @akhi.sept@sunnahtime 🔎 Referensi: muslim.or.id . #islam #muslim #dakwah #dakwahsunnah #ceramah #kajian #salaf #salafy #manhajsalaf

4

Ketika awal hijrah ataupun sudah hijrah, penting nya kita memilih dengan siapa ingin berteman, carilah teman yang selalu mengingatkan mu dan mengajak kepada akhirat, jangan hanya cari teman yang mengajakmu hanya untuk urusan dunia. Begitupun memilih ustadz/guru, carilah yang mengajakmu kepada Allah dan rosulnya sesuai sunnah sunnah dan pemahaman salafush sholeh. Jangan hanya cari ustadz yang banyak jamaah nya karena itu bukan jaminan. Carilah kebenaran bukan pembenaran. Jangan hanya berdalih "Ambil baiknya buang buruknya" lalu sudah cukupkah ilmu kita untuk membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar? Sungguh kita perlu berhati hati dalam menuntut ilmu agama. . . #repost #pemudacirebon #awal #hijrah #ustsyafiqrizabasalamah #ustadzsyafiqrizabasalamah

6

Alhamdulillah 'ala kulli hal... Jangan mengeluh ketika sakit atau mendapatkan bencana :)

4

Dalam sebuah hadits disebutkan: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِي الْجَنَّةِ، فَيَقُولُ: يَا رَبِّ، أَنَّى لِي هَذِهِ ؟ فَيَقُولُ: بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ Artinya: “Dari Abu Hurairah – Radhiyallahu ‘Anhu – berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda: ‘Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla meninggikan derajat seorang hambaNya yang Saleh di surga, sehingga hamba tersebut bertanya: ‘Ya Rabb, Bagaimanakah semua ini (bisa menjadi) milikku?, Allah berfirman menjawabnya: ‘Karena Istghfar anakmu untuk dirimu'”. (HR: Ahmad, Ibnu Majah. Dan dinilai Shahih oleh Syaikh Al-Albani dan Hasan oleh Syaikh Syu’aib Al-Arna’uth). ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Jazakallahu Khairan Wa Barakallahu Fiik : Ustadz Syafiq Riza Basalamah . 🎬 @pelangiislam @kembalishalihah . #ustadzsyafiqbasalamah #ustadzsyafiqrizabasalamah #ustadzkhalidbasalamah #ustadzkhalid #khalidbasalamah #dakwah #dakwahislam #islam #dakwahtauhid #kajiansunnah #kajiansalaf #pelangiislam #ceramah #akhwat #beraniberhijrah #celotehmuslim

5

Masya Allah... Barakallahu fiik :) Semoga beberapa post dan video yang hanya berdurasi 1 menit ini bisa menjadi pengingat diri dan semoga bermanfaat untuk orang lain. hehe masya Allah lucu aja lihat perjalanan ini akun dari awal sampai gegara video gorengan :D

4

Bismillah... #selfreminder Tak hanya wanita saja tetapi lelaki pun harus menjadi sholeh terlebih dahulu jika ingin mendapatkan wanita yang sholehah :) ________________________________________ Engkau harus menjadi wanita shalihah, agar kelak suamimu tak perlu khawatir saat tak sedang bersamamu karena ia tahu engkau mampu menjaga dirimu baik baik. Engkau harus menjadi wanita shalihah, agar kelak wajah meneduhkanmu cukup menjadi alasan suamimu untuk menundukkan pandangannya. Bahkan mulai saat ini bersalaman dengan laki laki bukan mahram saja engkau tidak mau, hingga tidak mudah bagimu berkenalan dengan laki laki atau memberikan nomor telepon pribadimu kepada mereka. Dan jika saat ini engkau harus menahan untuk menunjukkan kecantikanmu lalu engkau memilih menutup diri dari ekspetasi manusia. Sungguh tidak apa apa jika banyak yang harus engkau relakan. Tidak apa apa meski harus dibilang begini dan begitu. Biarkan saja. Teruslah memperbaiki dirimu dari dirimu yang dulu. Terlebih dari segala kebaikan dunia yang akan engkau dapatkan, Surga Firdhaus menantimu wanita shalihah :’) Sungguh menulis ini, untuk menasehati diriku sendiri. Sore, 22 Agustus 2017. © Menyapa Mentari. #inilahhijrahku #fiqihwanita_

2

GRATIS ! Silakan Download dan disebarkan... . Alhamdulillah, atas limpahan nikmat dan karunia dari Allah Ta'ala, setelah kalender puasa 2013,2014,2015,2016,dan 2017 maka kali ini kami tampilkan, . KALENDER PUASA 2018 . Silakan download highresnya di: PDF http://bit.ly/KPuasa2018pdf JPG http://bit.ly/KPuasa2018jpg . Link cadangan: PDF http://bit.ly/KPuasa2018pdf2 JPG http://bit.ly/KPuasa2018jpg2 Android Play store: menyusul insya Allah iOS App Store: menyusul insya Allah . Terimakasih bagi segenap pihak yg mendukung dalam artwork ini. Semoga yang sedikit ini bermanfaat, Semoga Allah mudahkan beramal shalih. . Jazakumullahu khairan katsiran. syukr.com . Nb: Kalender ini hanya sebagai perkiraan. Jika nanti ada selisih tanggal, harap menyesuaikan dng tanggal yang benar. Silahkan cek di bio @ana.syukr

6

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

27

Hanya perlu berjalan bersama untuk melangkah ke depan tak perlu mencari cari masa lalu pasangan :) Justru kalau cinta itu tak butuh alasan *apasih

47