Bersyukur Photos & Videos on Instagram

Report inappropriate content

edwin.imandia

Inilah caraku menikmati hidup.. Lakuin yg terbaik.. nikmati hasilnya.. seperti apapun hasilnya.. #kopisore #tanpakalian #bersyukur

0

citradamai_ays

Selamat petang semua... Usah sesekali sesali apa yang telah terjadi hari ini dan sebelomnya..tetapi perbanyakanlah sabar serta berdoalah dan bertekad untuk melakukan yang lebih baik..insyaallah...kejayaan hampir #bersyukur #tidakputusasa #alhamdulillahsyukur #alhamdulillah

0

winn_wann

Pablo Picasso: "The purpose of art is washing the dust of dailyย lifeย off our souls." #art #senirupa #galerinasional #seniphotography #photography #indonesian #pemudaberkarya #belajarfoto #belajar #bersyukur #greatmoment #beautifulday . . . . . . . . . . ๐Ÿ“ท @muhammadnhfdz

0

prestigeholics

Yuk follow, like, tag temenmu, dan komentar buat seru-seruan bareng prestigeholics! . Nikmati kata-kata cinta dan motivasi hanya di @prestigeholics ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Š. . #prestigeholics #cinta #galau #motivasi #katabijak #tumblr #ngakakkocak #bijak #katamotivasi #pathdaily #bersyukur #sukses #semangat #cinta #galau #baper #katamutiara #jakarta #makassar #pontianak #bali #bandung #jogja #unik #kutipan #kehidupan #kebahagiaan

1

nurshinta37

Tetap bersyukur atas segala nikmat tang diberikan oleh-Nya kepadamu.. #bismillah #bersyukur #staystrong

1

uvieyy

Ini adalah pas dek anggun baru lahir ke dunia๐Ÿ˜, sekarang alhamdulillah udah umur 18 hari dan wajahnya berubah-ubah, biasa kan bayi,,, kadang kayak bunda nya kadang kayak ayah nya,,, wajar juga biar pada heran orang-orang semua hihi, ternyata pengorbanan banget dari sejak hamil sampai melahirkan dan akhirnya jadi seorang ibu aku, hampir gak nyangka aku ternyata udah besar,,, seperti dalam mimpi saja ๐Ÿ˜. * * #face #cute #mybaby #girl #love #you #dear #kiss #you #unchunch #alhamdulillah #to #allah #thankyou #very #much #tiada #henti #aku #bersyukur

1

zardye_yondra

Alhadulillah ya allah...sampai saat ini saya masih diberi kesempatan dimuka bumi ini ..terima kasih untuk istriku @selvie_damayanti keluarga kecilku yg selalu memberikan semangat dihari hariku #bersyukur #edisiulangtahunku #keluargabahagia

0

eni_iryanihayat.cmz99

Fabiayyi aalaa irobbikumaa tukadzibaan..it's so beautifull..amazing..aku bahagia..Alhamdulillah #jum'atul mubaarok #bersyukur #beautifull #beautifullife #Alhamdulillah

1

maya.s_kitchen

Sore ini....Ngepizza lagi #semangat menjemput rezeki๐Ÿ’ž #bersyukur

0

resnanti

Latsar angkatan1n 2.....kab kuburaya๐Ÿ˜€ menuju @100%๐Ÿ‘....TYM #BERSYUKUR #

0

sonyasrv

kemarin nyampe rumah, ga ada air sama skali di km. mandi.. hari ini nyampe rumah, nasi masih begini.. ga diklik rice cooker nya.. ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜ฐ nasibbb nasibbbb.. embaknya wis embah.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„ . . #bersyukur #tetapBersyukur walau gatau apa yg mau disyukuri.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

3

ulinagus

Ygpentingmakan #alhamdulilah #bersyukur #

0

iir.marvins

0

edwanhadnansyah

Jika pepatah mengatakan tingginya gunung,luasnya lautan dan indahnya permata itu terbantahkan karena yg indah itu dirimu yg tinggi itu tercapai cita citamu dan yg luas itu rejekimu amin,heppy birthday anakku 2 th @allarick_tyagahadnansyah #handsomeboy #hbd #bersyukur #loveyou #bali #pantaikuta

1

pemulung_124

0

kopi_robustasulteng

Ibunda terkasih,,,,, doamu membuatku semakin sayang dan rindu ,,,,, kasih ibu sepanjang massa ,,,, Alhamdulilah di beri kesehatan selalu bundaku ,,,, nasihatmu adalah airminum bagiku yg haus ini ,,,, i love u ,,,, #ibu #bunda #doaibu #mustajabah #bersyukur

0

nuurracing

0

ki_bedil_wicaksana

#Bersyukur... #Mengalir bagai Air Sungai.. #Pantang Mundur Maju Terus.. #Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu #JK NASIONAL NEWS #JK NASIONAL

0

elman_siomal

0

diyahislammadina

Terima kasih yaRabb๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #bersyukur

0

afrakids_cirebon

. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS. Ibrahim : 7) . Yuk, Ayah dan Bunda ajak anak kita untuk bersyukur atas segala yang kita punya. #bersyukur #kaosanakbranded #kaosanakkeren #afrakidscirebon #afrakidskaos

0

melia_hanafi

Menatap kedepan bersama Bapaku .... mujizatNYA nyata bagiku. Kuhadapi bersama Tuhan yesus ... damaiku bersamaMU ....karna dari setiap persoalanku aku melihat penyertaanMU yg sempurna....trimakasih Tuhan semakin aku cinta padaMU..... #bersyukur #hidupituindah #iloveyoujesus #bahagiamengenalMU #melangkahdenganiman

0

prestigeholics

Yuk follow, like, tag temenmu, dan komentar buat seru-seruan bareng prestigeholics! . Nikmati kata-kata cinta dan motivasi hanya di @prestigeholics ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Š. . #prestigeholics #cinta #galau #motivasi #katabijak #tumblr #ngakakkocak #bijak #katamotivasi #pathdaily #bersyukur #sukses #semangat #cinta #galau #baper #katamutiara #jakarta #makassar #pontianak #bali #bandung #jogja #unik #kutipan #kehidupan #kebahagiaan

12

miftaurliawati18

Tuhan aku tau semua yg aku dapatkan pada hari ini hanya milik mu dan apa yg menjadi milik q sekarang akan kembali pada mu .. . . .. . #selalubersyukur๐Ÿ™ #bismillah #bersyukur

0

ankub45

Sebagai makhluk yang paling sempurna manusia harus mempunyai nilai lebih dari ciptaan Allah SWT yg lainnya, agar dapat menjadi bernilai hidupnya bagi diri sendiri ataupun orang lain dan mencintai serta mensyukuri pekerjaan adalah hal yg sangat mulia, bekerja bukan hanya untuk mengharapkan imbalan tetapi juga untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Marilah menjadi manusia yg pandai bersyukur dan manusia yg berguna bagi diri sendiri atau orang lain. Place : @nestcology #friday #motivationalquotes #bersyukur #sharekebaikan #buyahamka #coffeetime #cartoonmural #semarang #visitsemarang #indonesiapunya #visitindonesia

2

miya.biya.2214

Ketika melihat postingan orang lain. Kita iri. . Ketika melihat orang lain memiliki sesuatu juga kita iri. . apakah kita lupa bahwa Allah memberi kita porsi tersendiri setiap karuniaNya? . . Allah akan selalu memberi apa yang kita butuhkan. . Bersyukurlah. Hanya dengan bersyukur kita lebih bahagia. . Alhamdulilah Allah masih memberi kita begitu banyak nikmat. . Bukankah sebuah nikmat bahagia kita bisa terbangun sholat malam mengadu pada Allah? . Bukankah sebuah nikmat kita menghirup udara pagi yang segar? . Bukankah sebuah nikmat kita bisa makan setiap hari? . . Nikmat Allah mana yang kita dustai? Bersyukurlah. Maka kita akan menikmati segala hal kecil dalam genggaman dengan bahagia. Alhamdulilah . . โœ @miya.biya.2214 . . #miyabiya2214 #bersyukur #nikmat #muslimah #muslim #syukur #bahagia #happiness #Islam #Alhamdulilah #janganlupabersyukur #janganhasad #maribahagia

2

innelcare

HANCURKAN LEMAK DALAM TUBUH DENGAN SARI LEMON MURNI SHEILA FRESH HANYA DALAM WAKTU SATU MINGGU Hallo Sista dan Bunda HOPELESS ? . ๐Ÿ“ข Sudah minum dengan berbagai produk pelangsing, sampai yang dari Korea, tapi gak pernah ada hasilnya, sudah hopeless atau mungkin sudah lelah dengan janji - janjinya? . Ternyata dengan Minum Sari Lemon Murni Sheila Fresh setiap pagi bisa bikin body kamu ramping , terasa enteng, lemak dalam tubuh cepat berkurang dan harganya sangat ramah di kantong ๐Ÿ˜Š 1 Botol SARI LEMON MURNI SHEILA FRESH 500ml , berasal dari 2 kg lemon segar pilihan BEBAS LILIN yang diperas langsung dengan proses 3 kali penyaringan. Semua sudah tau khasiat lemon yang memiliki jutaan manfaat untuk KESEHATAN DAN KECANTIKAN. . Manfaat Minum Sari Lemon Hangat Setiap Pagi MENYEHATKAN PENCERNAAN . DAPAT MENAHAN LAPAR . MELUNTURKAN LEMAK . MENJAGA KESEHATAN JANTUNG . MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL . ANTIOKSIDAN ALAMI . DETOKSIFIKASI . DAN MASIH BANYAK LAGI MANFAAT NYA . . Info dan Pemesanan : . Whatsapp : 085781306739 #jualsarilemonmurni #sarilemon #jualsarilemon #sarilemonmurni #dietlemon #pelangsingalami #pelangsingherbal

2

dakwah_lampung01

Para pendukung PKI, apapun jenisnya marxisme,komunisme,leninisme,sosialisme dst. . Sibuk bicara G30SPKI adalah Propaganda Orde Baru, dan Merasa Menjadi Korban, padahal mereka memang sudah sering membantai dan memberontak, seperti di Era Presiden Soekarno tahun 1948 di Madiun Dll, Korbannya Para Ulama, Polisi, Umat Islam, Termasuk Guru Sekolah. Yang kemudian diberantas oleh Jenderal Soedirman . Mereka selalu berlindung dibalik Tameng Presiden Soekarno dan membenturkannya dengan Presiden Soeharto. . Watak PKI memang demikian. . Kalau mereka (PKI) merasa Korban, lantas Penjahatnya/Pelakunya siapa ? Apakah Ulama & Umat Islam yang dibantai ? Muhammadiyah ? NU ? Masyumi ? ๐Ÿค”. . YANG JELAS, MEREKA TIDAK AKAN MENGGUNAKAN NAMA PKI LAGI, KARENA SUDAH TIDAK POPULER, HANYA MISINYA SAJA YANG TERUS DIBAWAโ€ tegas Drs HA Chalid Mawardi, mantan Ketua PB NU (1989-1994) dan Sekjen PP GP Ansor (1959-1967). . "Mereka Bilang Ga Ada PKI, ga ada lagi bahaya laten PKI, sekarang ada lagi, jangan-jangan mereka yang bilang ga ada, mereka yang PKI" (Ryamizard Ryacudu) [Menteri Pertahanan Republik Indonesia]. . . . . . . . . . . . . Follow @galeriaswaja โœ”๏ธ Follow @galeriaswaja โœ”๏ธ Follow @galeriaswaja โœ”๏ธ . . #galeriaswaja #aceh #ustadzabdulsomad #ustadzadihidayat #hananattaki #aswaja #hijrahsantun #beraniberhijrah #nasehat #tauhid #acehmengaji #indonesiabertauhid #nasehat #beraniberhijrah #bersyukur #mozaikislam follow @tauhidremajaislam follow @tauhidremajaislam2 follow @mahasiswainhil #tauhidremajaislam #mahasiswainhil - #regrann

0

promil_alami_11

DUH , BAHAGIANYA ... JIKA BISA MELIHAT SENYUM SI KECIL SETIAP HARI ya .. Allah , hiasilah rumah tangga kami dengan senyuman seorang anak yang bisa mebahagiakan hati dan menjadi penyejuk mata bagi kami , amiin KAPAN BAYI MULAI TERSENYUM ? Senyum responsif merupakan senyuman yang diberikan bayi ketika bayi mencoba merespon hal-hal menyenangkan atau sesuatu yang membuat dia merasa nyaman. Apapun yang menciptakan rasa bahagia pada hati bayi Anda, maka bayi Anda akan meresponnya dengan senyuman. Adapun seyuman responsif bayi di usia 6-8 minggu ini seperti senyuman saat ia merasa nyaman ketika Anda timang dia dalam buaian, ketika Anda mendekap tubuh mungilnya, ketika Anda menidurkannya dengan nyanyian dari suara Anda. Perhatikanlah respon bayi Anda ketika Anda melakukan hal-hal tersebut, bayi Anda pasti akan menghadiahi Anda dengan senyumannya yang menggemaskan. LIKE & SHARE ================================ Punya pertanyaan seputar progam kehamilan? ---------------------------------------- ๏ธโœ” contact person : ๏ธโœ” BBM : D29EB9F9 โœ” WhatsApp : 082334627994 Bagaimana pendapatmu guys! ๐Ÿ˜ . Yes or No ??๐Ÿ’™๐Ÿ’› Follow:โ™ฅ @Promil_alami_11 ๐ŸŒˆ Sigam:'โ™ฅ @Promil_alami_11 ๐Ÿ”ฏ Feminineaffair to be feat ๐Ÿ“ INGAT bunda selalu ada harapan buat orang yang mau berusahan, Jadi Jangan pernah berhenti untuk berusaha, dan berdoa untuk bisa menghadirkan si buah hati, selagi masih ad cara yang tepat untuk bisa menghadirkannya, recanakan kehadiran si buah hati bunda bersama kami, kami akan memberiakan solusi yang tepat buat bunda

2

promil_alami_11

Semoga yang belum di karunia buah hati disegerakan Allah tahun ini. Aamiin... . . @Promil_alami_11 . . Yang belum punya momongan yuk jangan berhenti berharap. kencengkan lagi doanya apa lagi di bulan mulia ini. . Hindari hal-hal yang membuat terkabulnya doa terhalang. . Bismillah ya bunda shalihah ๐Ÿ˜‡ . . Follow @Promil_alami_11 Follow @Promil_alami_11 Follow @Promil_alami_11 Punya pertanyaan seputar progam kehamilan, hubungi salah satu ๐Ÿ‘‡ ๏ธโœ” BBM : D29EB9F9 ๏ธโœ” WhatsApp : 082334627994

2

promil_alami_11

Karena keping-keping bahagia yang bentuknya sederhana dari seorang bayi kecil bisa membuatmu menjadi lebih mudah untuk bahagia. Maka, menjadi ibu muda adalah keberuntungan sebagai seorang perempuan. ------------------------- Benar memang Bahagia itu bisa dengan cara sederhana namun akan selalu ada harga untuk Hal hal terbaik yang kita inginkan terjadi dalam hidup ini dimana Mahal dan murahnya sesuatu itu cuma soal prioritas , jika Kebahagiaan kita prioritasnya adalah kesehatan dan hadirnya anak dan keturunan maka apapun itu akan menjadi layak untuk ditempuh, namun jika hadirnya anak bukan prioritas dan hanya menjadi sekedar INGIN saja maka itu tdk lah menjadi sebuah keharusan .. Tetapkan prioritas hidupmu percayalah Allah senantiasa mendengar kepada mereka yang berdoa dengan khidmat dan dengan usaha yang Tepat .. Promil Bunda layak di tempuh .. Amin Ya rabb... โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž– Yuk follow @Promil_alami_11 untuk dapat info medis dan jika ada pertanyaan seputar kehamilan sipahkan ajukan via DM (privasi terjaga) . . Tekan โ™ฅ, dan mention teman kamu untuk saling berbagi tentang info kesehatan!! Mau info lebih lanjut segera konsultasikan bersama kami. " PROGRAM HAMIL " Punya pertanyaan seputar progam kehamilan? ---------------------------------------- ๏ธโœ” contact person : ๏ธโœ” BBM : D29EB9F9 โœ” WhatsApp : 082334627994 Bagaimana pendapatmu guys! ๐Ÿ˜ . Yes or No ??๐Ÿ’™๐Ÿ’› Follow:โ™ฅ @Promil_alami_11 ๐ŸŒˆ Sigam:'โ™ฅ @Promil_alami_11 ๐Ÿ”ฏ - Feminineaffair to be feat ๐Ÿ“

1

dalyatinst

#Alhamdulilah masih diberi .kesehatan #Bersyukur atas nikmat yang diberikan

0

anton.sjrw

Disaat kita mengeluh dengan kekurangan yang kita miliki, masih ada orang yang memilih untuk bersyukur meskipun keadaannya tidak seberuntung kita. Belanjakanlah harta kita untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain, bukan untuk hal yang sia-sia dan merugikan. Semoga bermanfaat dan menjadi renungan khususnya bagi saya sendiri dan teman-teman semua โ˜บ Support: @sekumpulanparacreators #sekumpulanparacreators @indovidgram @bekasividgram @berbagisemangat_ @hijrahcinta_ @kebenaran_al_quran @videosemangat @mahasiswamuslim #indovidgram #ivgstory #videoinspirasi #motivasi #bersyukur #videoislam #pemudahijrah #hijrah #janganmengeluh

35

prestigeholics

Yuk follow, like, tag temenmu, dan komentar buat seru-seruan bareng prestigeholics! . Nikmati kata-kata cinta dan motivasi hanya di @prestigeholics ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Š. . #prestigeholics #cinta #galau #motivasi #katabijak #tumblr #ngakakkocak #bijak #katamotivasi #pathdaily #bersyukur #sukses #semangat #cinta #galau #baper #katamutiara #jakarta #makassar #pontianak #bali #bandung #jogja #unik #kutipan #kehidupan #kebahagiaan

8

rudstories

HIDUP ini terlalu indah buat gak di syukurin Allah udah terlalu baik ngasih kita hidup yang luar biasa di hidup kita. kita bisa ngeliat indahnya matahari pagi , bisa juga ngeliat indahnya bintang pas malem datang. setiap saat kita bebas bernafas gratis , gak harus bayar bulanan dan gak akan ada juga surat tagihan gak susah juga buat kita yang masi bisa jalan , bahkan buat lari kalau perlu lari itu mudah banget asli... . kita juga bisa berfikir , pake otak kita buat selesaiin masalah apapun yang kita hadepin tiap hari. punya temen , sahabat atau siapapun yang selalu siap ngebantu kita pas kita susah itu bener' nikmat yang gak ternilai harganya #hidupituindah banyakin bersyukur jangan ngeluh terus , masi banyak yang hidupnya lebih susah dari kamu kalau lagi susah ? bersyukur aja berarti Allah ngasi waktu dan kesempatan buat kita naik kelas. karna selalu ada yang bisa dipelajarin dan hidup ini emang terlalu indah dan wajib kita syukurin :) . โ€ข #ayobersyukur #gratitude

5

dikimadon

Ada orang yang pernah mengatakan "Kalau ketemu sama PKI gebukin" Orang yang sama lagi mengatakan "Dimana ada PKI coba tunjukin sy dimana" Padahal sudah jelas-jelas ada wanita dari salah satu Partai yang dengan bangga membuat buku dengan memasang foto dirinya yang berjudul "AKU BANGGA JADI ANAK PKI" . . . . "Kau macam kura-kura dalam perahu saja." Para pendukung PKI, apapun jenisnya marxisme,komunisme,leninisme,sosialisme dst. . Sibuk bicara G30SPKI adalah Propaganda Orde Baru, dan Merasa Menjadi Korban, padahal mereka memang sudah sering membantai dan memberontak, seperti di Era Presiden Soekarno tahun 1948 di Madiun Dll, Korbannya Para Ulama, Polisi, Umat Islam, Termasuk Guru Sekolah. Yang kemudian diberantas oleh Jenderal Soedirman . Mereka selalu berlindung dibalik Tameng Presiden Soekarno dan membenturkannya dengan Presiden Soeharto. . Watak PKI memang demikian. . Kalau mereka (PKI) merasa Korban, lantas Penjahatnya/Pelakunya siapa ? Apakah Ulama & Umat Islam yang dibantai ? Muhammadiyah ? NU ? Masyumi ? ๐Ÿค”. . YANG JELAS, MEREKA TIDAK AKAN MENGGUNAKAN NAMA PKI LAGI, KARENA SUDAH TIDAK POPULER, HANYA MISINYA SAJA YANG TERUS DIBAWAโ€ tegas Drs HA Chalid Mawardi, mantan Ketua PB NU (1989-1994) dan Sekjen PP GP Ansor (1959-1967). . "Mereka Bilang Ga Ada PKI, ga ada lagi bahaya laten PKI, sekarang ada lagi, jangan-jangan mereka yang bilang ga ada, mereka yang PKI" (Ryamizard Ryacudu) [Menteri Pertahanan Republik Indonesia]. . . . . . . . . . . . . Follow @galeriaswaja โœ”๏ธ Follow @galeriaswaja โœ”๏ธ Follow @galeriaswaja โœ”๏ธ . . #galeriaswaja #aceh #ustadzabdulsomad #ustadzadihidayat #hananattaki #aswaja #hijrahsantun #beraniberhijrah #nasehat #tauhid #acehmengaji #indonesiabertauhid #nasehat #beraniberhijrah #bersyukur #mozaikislam follow @tauhidremajaislam follow @tauhidremajaislam2 follow @mahasiswainhil #tauhidremajaislam #mahasiswainhil - #regrann @RepostIt_app

0

dwiepi

Next history sindoro : Dan pada akhirnya tidak semua keinginan tercapai sesuai rencana, karena Allah memiliki rencana lain untuk dapat menikmati karyaNya yang maha Indah. Kami dari berempat tidak dpt bersama melewati rintangan dan panjangnya tanjakan menuju atap Gunung Sindoro. Sebagian dari kami memutuskan untuk singgah di antara bebatuan besar yg menetap entah dari kapan berdiri kokoh menghiasi Panorama Gunung Sindoro. Sisanya kami perlahan melanjutkan perjalanan menuju atap Gunung Sindoro agar dpt melihat begitu luasnya semesta alam yang Allah SWT ciptakan untuk keseimbangan Alam Semesta. Mental kami di uji ketika sebagian dari kami tidak ingin melanjutkan perjalanan. Tekad yg kuat sebagian dari kami memaksa kami untuk tetap melanjutkan perjalanan menuju atap Gunung Sindoro. Kami tetap bersyukur padaNya karena Allah masih memberikan sedikit energi agar tetap melanjutkan perjalanan dan menetap di batu besar Gunung Sindoro. To be continue... . . . . . #sindoromountain #cobafoto #landscapephotography #canon #wonderfullindonesia #jawatengah #traveller #hunting #hiking #bersyukur #ciptaanallah #bersamakitabisa

2

hadi_s2904

Org yg #BERSYUKUR akan selalu merasa #BAHAGIA. Tapi org yang #MENGELUH akan selalu merasa #KEKURANGAN.

0

agheyuds82

Yg bikin hidup ini susah adalah kita slalu membandingkan hidup kita dgn org lain, Udahlah bersyukur dan nikmati aja apa yg udah kita punya ๐Ÿ˜‰. #katabijak #dagelan #bersyukur

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

bernadetapuu

2018 bnyak tantangan.. baru bisa naik motor dan dihadapkan dgn medan yg naik turun gunung, jalan sempit, gronjal2, licin.. belum pernah ngajar, sekalinya mengajar materi FDS pesertanya ibu2.. tantangan terberat adl cemilan dan teh manis dikala berkunjung kerumah KPM (Keluarga Penerima Manfaat).. belom 2 bulan jadi pendamping, berat badan sudah naik 2kg๐Ÿ˜ฑ... #PendampingSosialPKH #belajar #bersyukur #beribadah

5

assollolle

8

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

0

ikaakhmad

ASIYAH, WANITA YANG DITAMPAKKAN SURGA UNTUKNYA Penulis: Ummu Uwais Herlani Clara Sidi Pratiwi Murajaโ€™ah: ustadz Abu Ukkasyah Aris Munandar Wanita, sosok lemah dan tak berdaya yang terbayangkan. Dengan lemahnya fisik, Allah tidak membebankan tanggung jawab nafkah di pundak wanita, memberi banyak keringanan dalam ibadah dan perkara lainnya. Mereka adalah sosok yang mudah mengeluh dan tidak tahan dengan beban yang menghimpitnya. Dengan kebengkokannya sehingga Rasulullah shalallahu โ€˜alaihi wa sallam memerintahkan untuk bersikap lembut dan banyak mewasiatkan agar bersikap baik kepadanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan kiranya jika Allah Tabaroka wa Taโ€™ala dengan segala hikmah-Nya mengamanahkan kaum wanita kepada kaum laki-laki. Namun, kelemahan itu tak harus melunturkan keteguhan iman. Sebagaimana keteguhan salah seorang putri, istri dari seorang suami yang menjadi musuh Allah Rabb alam semesta. Seorang suami yang angkuh atas kekuasaan yang ada di tangannya, yang dusta lagi kufur kepada Rabbnya. Putri yang akhirnya harus disiksa oleh tangan suaminya sendiri, yang disiksa karena keimanannya kepada Allah Dzat Yang Maha Tinggi. Dialah Asiyah binti Muzahim, istri Firโ€™aun. Ketika mengetahui keimanan istrinya kepada Allah, maka murkalah Firโ€™aun. Dengan keimanan dan keteguhan hati, wanita shalihah tersebut tidak goyah pendiriaannya, meski mendapat ancaman dan siksaan dari suaminya. Kemudian keluarlah sang suami yang dzalim ini kepada kaumnya dan berkata pada mereka, โ€œApa yang kalian ketahui tentang Asiyah binti Muzahaim?โ€ Mereka menyanjungnya.Lalu Firโ€™aun berkata lagi kepada mereka,โ€œSesungguhnya dia menyembah Tuhan selainku.โ€ Berkatalah mereka kepadanya,โ€œBunuhlah dia!โ€

4

ikaakhmad

[ #ntms ] BOLEHKAH WANITA BERENANG DI KOLAM RENANG? Terkadang wanita juga membutuhkan sesuatu yang bisa menyegarkan kembali dirinya dari kejenuhannya menjalankan aktivitas sehari-harinya, tidak hanya laki-laki yang bisa dengan mudah mencari aktivitas untuk menghibur dirinya. Cara yang ditempuh wanita pun bermacam-macam, ada yang suka berbelanja, ada yang suka pergi ke gunung, ada yang suka berenang dan ada yang suka melakukan aktivitas lainnya. Mungkin sebagian pembaca pernah bertanya, apakah boleh seorang wanita pergi ke kolam renang untuk berenang di sana? Bukankah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah melarang wanita untuk mandi di hammaam (tempat pemandian umum di zaman Rasulullah)? Ya, benar. Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah melarang wanita untuk mandi di tempat pemandian umum. Beliau bersabda: โ€œBarang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia memasukkan istrinya ke dalan hammaam (tempat pemandian umum).โ€[1] Begitu pula sabda beliau shallallahu โ€˜alahi wa sallam: โ€œWanita mana yang melepaskan pakaiannya di selain rumah suaminya, maka dia telah merusak hubungan antara dirinya dengan Allah.โ€[2] Di zaman Nabi shallallahu โ€˜alahi wa sallam belum dikenal kamar mandi khusus di rumah masing-masing orang. Sehingga sebagian orang lebih mengutamakan mandi di hammaam, karena di sana berdekatan dengan sumur dan mudah untuk mengambil air darinya. Tempat pemandian umum (hammaam) di zaman Nabi, tidak bercampur baur antara laki-laki dan wanita. Akan tetapi, memang masih memungkinkan untuk terlihatnya aurat satu dengan yang lain, sehingga dapat menimbulkan fitnah. Wanita memungkinkan untuk melihat aurat wanita lain, demikian juga dengan laki-laki. Oleh karena itu, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam melarangnya.

3

ikaakhmad

3 MACAM KESABARAN Di antara perkara yang dianjurkan dalam Islam adalah sabar. Sabar secara bahasa artinya tertahan, sebagaimana perkataan Jabir ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ู’ุชูŽู„ูŽ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽูˆูŽุงุจู‘ู ุตูŽุจู’ุฑู‹ุง Dari Jabir ia berkata: โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam melarang membunuh binatang dengan cara ditahan.โ€ (HR. Muslim) Dalam hadits di atas terdapat kata ุตูŽุจู’ุฑู‹ yang menjadi akar kata dari sabar. Adapun secara istilah, sabar adalah menahan diri dalam melaksanankan sesuatu dan menjauhi sesuatu. Sehingga definisi sabar akan tercakup dalam 3 macam kesabaran yang akan kita bahas pada poin berikut ini. 1. SABAR DALAM MELAKSANAKAN TAAT KEPADA ALLAH Sebagaimana yang Allah Taโ€™ala firmankan, โ€œDan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah dalam memerintahkannya.โ€ (QS. Thaha: 132) Dalam ayat di atas disebutkan perintah sabar dalam melaksanakan taat, yaitu seorang suami harus bersabar dalam memerintahkan istrinya untuk mengerjakan shalat. Memang seperti itulah tugas seorang suami, ia harus bisa memimpin bahtera rumah tangganya dan memerintahkan keluarganya untuk melakukan kebaikan. Dalil lainnya adalah, โ€œDan bersabarlah kamu terhadap orang-orang yang senantiasa berdoa kepada Rabbnya di waktu pagi dan sore hari dengan mengharap wajah-Nya.โ€ (QS. Al-Kahfi: 28) Ayat di atas adalah perintah sabar terhadap orang-orang baik, yang senantiasa berdoa dan menyeru di jalan Allah. Karena yang namanya pertemanan, pasti akan dijumpai suatu hal yang tidak menyenangkan, oleh karena itu Allah perintahkan bersabar jika menjumpai suatu hal yang tidak menyenangkan dari saudaranya.

3

ikaakhmad

6 ADAB SETELAH BANGUN TIDUR Bismillah was shalatu was salamu โ€˜ala Rasulillah, amma baโ€™du, Wujud mencintai Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam adalah berusaha melestarikan ajaran beliau di setiap keadaan. Untuk itu, para ulama menekankan, sebisa mungkin setiap muslim menyesuaikan diri dengan sunah beliau dalam setiap aktivitasnya. 24 jam sesuai sunah, mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Seperti inilah yang pernah dipesankan Sufyan at-Tsauri โ€“ ulama Tabiโ€™ Tabiin w. 161 H โ€“, Jika kamu mampu tidak menggaruk kepala kecuali ada dalilnya, lakukanlah. (al-Jamiโ€™ li Akhlak ar-Rawi, 1/142). Berikut kami sajikan beberapa sunah Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam ketika bangun tidur, PERTAMA, mengusap bekas tidur di wajah Ibnu Abbas Radhiyallahu โ€˜anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu โ€˜anha, saah satu istri Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Kata Ibnu Abbas, Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. (HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya).

4

ikaakhmad

KAPANKAH WANITA MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR DI HARI JUM'AT? @Regrann from @islamiqpedia Pelaksanaan shalat Jumat menjadi salah satu ibadah yang wajib bagi laki-laki muslim dan mengandung banyak keutamaan. Namun bagaimanakah dengan wanita? Sesungguhnya wanita diperbolehkan untuk ikut shalat Jumat di masjid dan bisa juga hanya melaksanakan shalat dzuhur saja di rumah. . Lantas kapankah waktu yang tepat bagi wanita untuk melaksanakan shalat dzuhur di hari Jumat? Ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa shalat dzuhur harus diakhirkan hingga pelaksanaan shalat Jumat bagi laki-laki selesai dilakukan. Mereka berkeyakinan bahwa shalat dzuhur sebelum shalat Jumat dianggap terlarang dan tidak sah. . Namun sebagian pendapat lagi menyatakan bahwa shalat dzuhur tidak harus menunggu shalat Jumat selesai dan bisa dilakukan awal waktu sebagaimana hari-hari lainnya. . Pendapat manakah yang seharusnya dilakukan?. . Ketahuilah bahwa shalat merupakan ibadah yang sudah ditetapkan waktunya, sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa ayat 103. โ€œSesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi kaum mukminin yang telah ditetapkan waktunya.โ€ (QS. An-Nisa: 103). . Sementara itu Ibnu Masโ€™ud berkata, โ€œSesungguhnya shalat memiliki waktu khusus, sebagaimana haji juga memiliki waktu khusus.โ€ (Tafsir Ibn Katsir, 2:403). . Adapun waktunya yakni sejak matahari tergelincir ke arah barat hingga bayangan benda sama dengan tinggi bendanya. . Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu โ€˜anhuma, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda: โ€œWaktu zuhur, sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama dengan tingginya, sebelum masuk waktu asar.โ€ (HR. Muslim no. 612). . Sehingga bagi para wanita, musafir ataupun orang yang sakit bisa melaksanakan shalat dzuhur setelah masuk waktu dzuhur, meski shalat Jumat yang dilakukan oleh para laki-laki muslim belum dilakukan atau belum selesai. Wallahu Aโ€™lam [Kabarmakkah.com #islamiQpedia]

1

ikaakhmad

[ #REPOST @iam.notes ] [ #ntms ] TUNTUNAN SHALAT SUNNAH RAWATIB Sesungguhnya diantara hikmah dan rahmat Allah atas hambanya adalah disyariatkannya At-tathowwuโ€™ (ibadah tambahan). Dan dijadikan pada ibadah wajib diiringi dengan adanya at-tathowwuโ€™ dari jenis ibadah yang serupa. Hal itu dikarenakan untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada ibadah wajib. Dan sesungguhnya at-tathowwuโ€™ (ibadah sunnah) di dalam ibadah sholat yang paling utama adalah sunnah rawatib. Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam senantiasa mengerjakannya dan tidak pernah sekalipun meninggalkannya dalam keadaan mukim (tidak bepergian jauh). Mengingat pentingnya ibadah ini, serta dikerjakannya secara berulang-ulang sebagaimana sholat fardhu, sehingga mari kita simak sebagian dari hukum-hukum sholat rawatib secara ringkas:

14

ikaakhmad

ADAB BERTAMU DAN MEMULIAKAN TAMU Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, โ€œBarang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.โ€ (HR. Bukhari) Berikut ini adalah adab-adab yang berkaitan dengan tamu dan bertamu. Kami membagi pembahasan ini dalam dua bagian, yaitu adab bagi tuan rumah dan adab bagi tamu. ADAB BAGI TUAN RUMAH 1. Ketika mengundang seseorang, hendaknya mengundang orang-orang yang bertakwa, bukan orang yang fajir (bermudah-mudahan dalam dosa), sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, โ€œJanganlah engkau berteman melainkan dengan seorang mukmin, dan janganlah memakan makananmu melainkan orang yang bertakwa!โ€ (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi) 2. Tidak mengkhususkan mengundang orang-orang kaya saja, tanpa mengundang orang miskin, berdasarkan sabda Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, โ€œSejelek-jelek makanan adalah makanan walimah di mana orang-orang kayanya diundang dan orang-orang miskinnya ditinggalkan.โ€ (HR. Bukhari Muslim) 3. Tidak mengundang seorang yang diketahui akan memberatkannya kalau diundang. 4. Disunahkan mengucapkan selamat datang kepada para tamu sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu โ€˜anhu, bahwasanya tatkala utusan Abi Qais datang kepada Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, Beliau bersabda, โ€œSelamat datang kepada para utusan yang datang tanpa merasa terhina dan menyesal.โ€ (HR. Bukhari)

7

ikaakhmad

BEDA SHALAT SYURUQ DENGAN SHALAT DHUHA Apa beda antara shalat syuruq dan shalat dhuha?. Jika orang sudah shalat syuruq, apakah masih perlu shalat dhuha? Jawab: Bismillah was shalatu was salamu โ€˜ala Rasulillah, wa baโ€™du, Kita akan melihat definisi dhuha. Dhuha adalah nama untuk waktu. Secara bahasa โ€œDhuhaโ€ diambil dari kata ad-Dhahwu [arab: ุงู„ุถู‘ูŽุญู’ูˆู] artinya siang hari yang mulai memanas. (Al-Ain, kata: ุถุญูˆ). Allah berfirman: ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ูŽุง ุชูŽุธู’ู…ูŽุฃู ูููŠู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุถู’ุญูŽู‰ โ€œDi surga kamu tidak akan menglami kehausan dan kepanasan karena sinar matahariโ€ย (QS. Thaha: 119) Kaitannya dengan makna bahasa kata dhuha, pada ayat di atas, Allah menyebutkan kenikmatan ketika di surga, salah satunya tidak kepanasan karena sinar matahari, yang itu diungkapkan dengan kata: [ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุถู’ุญูŽู‰] Sedangkan menurut ulama ahli fiqh, Dhuha artinya, ู…ุง ุจูŠู† ุงุฑุชูุงุน ุงู„ุดู…ุณ ุฅู„ู‰ ุฒูˆุงู„ู‡ุง โ€œWaktu ketika matahari mulai meninggi sampai datangnya zawal (tergelincirnya matahari). (al-Mausuโ€™ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, 27/221).

4

ikaakhmad

BERDZIKIRLAH SEBELUM HUBUNGAN INTIM Dari Ibnu โ€˜Abbas radhiallahu โ€˜anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, ู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฃู’ุชูู‰ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: โ€œุจูุงุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฌูŽู†ูู‘ุจู’ู†ูŽุง ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุฌูŽู†ูู‘ุจู ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ุชูŽู†ูŽุงโ€œุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ุฅูู†ู’ ูŠูู‚ูŽุฏูŽู‘ุฑู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุฏูŒ ููู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุถูุฑูŽู‘ู‡ู ุดูŽูŠู’ุทูŽุงู†ูŒ ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง Jika salah seorang dari kalian (suami) ketika ingin mengumpuli istrinya, dia membaca doa BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNAASY SYAITHOONA WA JANNIBISY SYAITHOONA MAA ROZAQTANAA Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki[1]yang Engkau anugerahkan kepada kami Kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya[2] Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca zikir/doa ini sebelum berhubungan suami istri, karena disamping mendapat pahala dari Allah Subhanahu wa Taโ€™ala, ini merupakan sebab selamatnya seorang bayi dari bahaya dan keburukan setan[3] Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini bisa disimak selengkapnya di https://muslim.or.id/7664-berdzikirlah-sebelum-hubungan-intim.html Penulis: Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, Lc., M.A

1

ikaakhmad

[ #ntms ] NASEHAT ULAMA UNTUK MENINGGALKAN โ€œQIILA WA QAALAโ€ DI INTERNET Penanya: wahai Syaikh, Apa nasehat anda bagi para pemuda yang menyibukkan diri dalam โ€œal qiila wal qaalโ€ di internet dan berbantah-bantahan? . Asy Syaikh: menyibukkan apa? . Penanya: menyibukkan diri dalam โ€œal qiila wal qaalโ€ di internet . Asy Syaikh:ย al qiila wal qaal ? . Penanya: ya . Asy Syaikh: nasehatku agar mereka mempelajari ilmu (agama) dan menyibukkan diri dengan ilmu (agama) sehingga ia mencapai kebaikan dan mengamalkannya, dan ia memberikan manfaat bagi manusia dengan ilmu itu, dan hendaknya ia meninggalkan al qiila wal qoolย yang tidak memberikan kepada mereka kebaikan, ia hanya memberikan mereka miudharat, ini nasehat saya bagi mereka. . Penanya: dan mereka menyibukkan diri berbantah-bantahan sedangkan mereka bukan ahlinya . Asy Syaikh: selamanya (tidak!), wajib atas mereka untuk memperdalam ilmu agama dan menyibukkan diri dengan ilmu yang bermanfat dan janganlah mereka menyibukkan diri dengan perkara-perkara yang mereka bukan ahlinya. . Penanya: Jazaakumullahhu khairan (semoga Allah membalas anda dengan kebaikan). [Transkrip tanya jawab bersama guru tercinta Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-'Abbaad, ulama muhaddits kota Madinah, hafidzahullah ta'aala, setelah pelajaran mata kuliah kitab Sunan An-Nasaaiy yang disampaikan di Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Madinah, Kerajaaan Arab Saudi. Tanggal rekaman: 2 Muharram 1435/ 05 November 2013]

2

ikaakhmad

SUJUD YANG MEMBATALKAN SHOLAT SUJUD YANG BATAL Bismillah was shalatu was salamu โ€˜ala Rasulillah, amma baโ€™du Ibnu Abbas Radhiyallahu โ€˜anhuma pernah mengatakan,. . ุฃูู…ูุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู โ€“ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… โ€“ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนูŽุฉู ุฃูŽุนู’ุถูŽุงุกู . . Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam diperintahkan untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota badan. (HR. Bukhari 809, Muslim 1123, dan yang lainnya). . Dalam riwayat lain, juga dari Ibnu Abbas Radhiyallahu โ€˜anhu, bahwa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:. . ุฃูู…ูุฑู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนูŽุฉู ุฃูŽุนู’ุธูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฌูŽุจู’ู‡ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ููู‡ู ูˆูŽุงู„ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุทู’ุฑูŽุงูู ุงู„ู‚ูŽุฏูŽู…ูŽูŠู’ู†ู . . โ€œAku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: dahi โ€“dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliauโ€“, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kakiโ€ฆโ€ (HR. Bukhari 779 & Muslim 1126) Berdasarkan hadis, tujuh anggota sujud dapat kita rinci: 1. Dahi dan mencakup hidung. 2. Dua telapak tangan. 3. Dua lutut. 4. Dua ujung-ujung kaki. 5. Praktek beliau ketika sujud, hidung dipastikan menempel di lantai Sahabat Abu Humaid Radhiyallahu โ€˜anhu menceritakan cara shalat Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam,. . ุซูู…ู‘ูŽ ุณูŽุฌูŽุฏูŽ ููŽุฃูŽู…ู’ูƒูŽู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ููŽู‡ู ูˆูŽุฌูŽุจู’ู‡ูŽุชูŽู‡ู . . Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menempelkan dahi dan hidungnya ke lantaiโ€ฆ (HR. Abu Daud 734 dan dishahihkan al-Albani) Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menekankan agar dahi dan hidung benar-benar menempel di lantai. Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,. . ู„ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุจูŽู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ูŽุงุฉู‹ ู„ูŽุง ูŠูุตููŠุจู ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ูู ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ู…ูŽุง ูŠูุตููŠุจู ุงู„ู’ุฌูŽุจููŠู†ูŽ . . . โ€œAllah tidak menerima shalat bagi orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah, sebagaimana dia menempelkan dahinya ke tanah.โ€ (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf 2710, Abdurrazaq dalam Mushannaf 2898, ad-Daruquthni dalam Sunannya 1335 dan dishahihkan Al-Albani).

3