Rumaysho Photos & Videos on Instagram

Report inappropriate content

anggaitudeski

@Regranned from @ngajicerdas - . Sunnah yang banyak orang belum tahu nih, Apa dzikir ketika kita melewati Jalan Tanjakan dan Turunan, yang kita tahu mungkin hanya menyanyikan lagu "Naik Naik ke Puncak Gunung" kan, nah coba mulai sekarang kita hidupkan Sunnah ini dan kenalkan serta ajarkan Dzikir ini ke anak anak mulai sedini mungkin. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Dalam perjalanan, hendaknya seorang musafir membaca dzikir “subhanallah” ketika melewati jalan menurun dan “Allahu akbar” ketika melewati jalan mendaki. Dalam sebuah riwayat disebutkan, كان رسول الله صلى الله عليه وسلم و أصحابه إذا علوا الثنايا كبروا و إذا هبطوا سبحوا . . “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya biasa jika melewati jalan mendaki, mereka bertakbir (mengucapkan “Allahu Akbar”). Sedangkan apabila melewati jalan menurun, mereka bertasbih (mengucapkan “Subhanallah”). Lihat Al Kalim Ath Thoyyib no. 175. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa riwayat ini shahih. . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . . @nrmnhdyt . . #ngajicerdas #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #babsafar #adabharian #makan #gorengan #safar #traveling #gunung #hiking #jalanjalan #liburan #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

galerycantiksehat

Suka minta oleh2? Suka minta traktir? Ato suka minta discount? Hati2 loh... Itu pengemis jaman NOW 🙊😱 Naudzubillah @Regranned from @barakallah_92 - Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #celotehmuslim #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk - #regrann

2

fatihofficial.id

----------------------------- (Shalatnya Orang Munafik) . “Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan shalat Shubuh. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada dalam kedua shalat tersebut tentu mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak. Sungguh aku bertekad untuk menyuruh orang melaksanakan shalat. Lalu shalat ditegakkan dan aku suruh ada yang mengimami orang-orang kala itu. Aku sendiri akan pergi bersama beberapa orang untuk membawa seikat kayu untuk membakar rumah orang yang tidak menghadiri shalat Jama’ah.” HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651, dari Abu Hurairah). . . Ibrahim An Nakha’i rahimahullah mengatakan, Cukup disebut seseorang memiliki tanda munafik jika ia adalah tetangga masjid namun tak pernah terlihat di masjid" (Fathul Bari karya Ibnu Rajab 5: 458 dan Ma’alimus Sunan 1: 160. Lihat Minhatul ‘Allam, 3: 365) . Itulah yang kita saksikan saat ini, banyak pria yang lalai dari shalat Jama’ah, lebih-lebih lagi shalat Shubuh. Ini semua disebabkan karena lemahnya iman, ada penyakit dalam hatinya, kurang semangat dalam melakukan ketaatan, berpaling dari Allah, dan lebih mendahulukan hawa nafsu daripada perintah Allah. . Wallahul musta’an. Wallahu waliyyut taufiq. . Sumber : #rumaysho Follow : @fatihofficial.id Facebook : Fatih Dakwah Pages : fatihofficial.id ---------------------------------------------- #fatih #selfreminder #share #hijrah #muslim #islam #poster #dakwah #kajian #sunnah

1

ibnu_tarmudji

Nah buat yang suka nguap hoaammm gak ditahan dilepas gitu aja dan gak ditutup lagi nguapnya, mulai sekarang dirubah yuk gimana adab yang benar ketika menguap. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Mengenai menguap terdapat hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ. . “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994) Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ. . “Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995) Sumber : https://rumaysho.com/1991-mukjizat-di-balik-bersin-dan-menguap.html . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @ibnutarmudji; . . 🔃nrmnhdyt . . #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #nguap #ibnutarmudji #adabharianmuslim #menguap #syaiton #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

myakub04

. Bismillah... #selfreminder . Nah !!! ambilah MAKANAN yang TERDEKAT dulu dan jangan lupa kalo bisa pake 3 JARI, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim) . Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud). . . 📝Muslimah.or.id ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 safdahtv ; nrmnhdyt . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @myakub04 . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #adab #makan #3jari #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

1

winanda_ksm

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

1

okta_nsyah03

👆👆👆👆👆 Bolehkah berdusta atau berbohong untuk membuat orang lain tertawa? Simak baik-baik☝️ Repost @rizal.oktoberty Follow ig 👉 @okta_nsyah03 @okta_nsyah03 #rumaysho

0

indriecahayarahabati

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 @safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_ #Repost @fiqihw

0

chintia_dwi_sari

@Regrann from @fiqihwanita_ - Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 @safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajiany

3

pelajarhijrah

Jangan Marah kawan ,💕💕 . Ingat wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan janji beliau Sebelum memuntahkan amarah kepada orang lain atau benda sekalipun, baiknya orang memperhatikan hadits berikut yang berisi pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada seseorang yang meminta nasehat dari beliau. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْصِنِي قَالَ لَا تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَارًا قَالَ لَا تَغْضَبْ Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, seorang lelaki berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berilah aku wasiat.” Beliau menjawab, “Janganlah engkau marah.” Lelaki itu mengulang-ulang permintaannya, (namun) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (selalu) menjawab, “Janganlah engkau marah.” (HR. Bukhari, no. 6116) Dari Mu’adz radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ كَظَمَ غَيْظاً وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنَفِّذهُ دَعَأهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُؤُوْسِ الْخَلاَئِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ مِنَ الْحُوْرِ مَا شَاءَ “Barang siapa menahan amarahnya padahal mampu meluapkannya, Allah akan memanggilnya di hadapan para makhluk pada hari Kiamat untuk memberinya pilihan bidadari yang ia inginkan.” (HR. Abu Daud, no. 4777; Ibnu Majah, no. 4186. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini sanadnya hasan) Dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan dalam surga.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas, لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ “Jangan engkau marah, maka bagimu surga.” (HR. Thabrani dalam Al-Kabir. Lihat Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, hadits ini shahih lighairihi) Sumber : https://rumaysho.com/16156-5-kiat-meredam-marah.html . . . #rumaysho #jangan #mudah #marah #menahan #orang #yang #paling #kuat #adalah #orang #yang #mampu #mengendalikan #diri #ketika #dilanda #kemarahan #pelajarhijrah #man5sleman #osisman5sleman #rohisarraudhoh

0

camicisindonesia

Aneh bukan? Rela bangun pagi-pagi demi bisa jogging, namun bangun shubuh untuk shalat Shubuh, malasnya bukan main. - Ingat … Meninggalkan satu shalat saja seperti shalat shubuh, sangat bahaya. Karena meninggalkan shalat saja dihukumi kufur. Seorang tabi’in, Abdullah bin Syaqiq rahimahullah berkata, “Dulu para shahabat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah pernah menganggap suatu amal yang apabila ditinggalkan menyebabkan kafir kecuali shalat.” (HR. Tirmidzi, no. 2622. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih) - Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657). Lihatlah orang yang berat shalat Shubuh disebut munafik. - Semoga bisa jadi pelajaran berharga, silakan dishare 🙏🏻 Follow @muslimmyway - Source: @rumayshocom #rumaysho #islam #muslim #muslimah #dakwah #fiqih #dakwahtauhid #tauhid #sunnah #salaf #salafi #doa #alquran #kajiansunnah #tausiyah #salam #iman #masjid #haji #umroh

0

mainial

Dahulu Ibnu ‘Umar tidak makan kecuali setelah didatangkan orang miskin dan beliau makan bersamanya. Kemudian Nafi’ pernah memasukkan seseorang untuk makan bersama Ibnu ‘Umar, lalu orang tersebut makan banyak. Ibnu ‘Umar pun berkata, “Wahai Nafi’, jangan masukkan orang ini untuk makan bersamaku, karena aku pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seorang mukmin makan untuk satu usus namun orang kafir untuk tujuh usus.” (HR. Bukhari no. 5393 dan Muslim no. 2060) Sebagaimana disebutkan dalam Syarh Muslim, ada ulama yang menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah seorang mukmin biasa makan bersifat pertengahan. Imam Nawawi rahimahullah juga berkata bahwa para ulama mengatakan tentang maksud hadits yaitu untuk memiliki sedikit dunia, motivasi untuk zuhud dan qona’ah (hidup berkecukupan). Dan memang sedikit makan adalah bagian dari baiknya akhlak seseorang, sedangkan banyak makan itu kebalikannya. www.rumaysho.com #sunnah #hadits #qonaah #muslim #islam #adabmakan #makanan #zuhud #rumaysho #perut #buncit #tambun #rakus #tamak #tercela

0

evhyintan23

. Bismillah... Nihh !! buat yang kalo mau MAGHRIB masih suka KELUYURAN... . dengan alasan ingin jalan-jalan atau yang lainnya, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana sunnah nya yang benar ketika menjelang waktu maghrib. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat . Beberapa Sunnah Nabi ﷺ di Waktu Maghrib . . Pertama : Termasuk sunnah, memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib . Kedua : Termasuk sunnah, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala . Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumahketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut, demikian pula menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah pada saat tersebut. Dan betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orang tua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita. . Dalil perbuatan ini adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: . . “Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan : jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012). . . . 📝Sumber : muslim.or.id Jazakumullahu Khairan 🎬 safdahtv ; muslimorid . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #larangan #keluar #maghrib #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji #evhyintan23

1

bukumuslim.co

Inilah yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika kita menelaah jauh ke sisi rumah beliau, tidak pernah lepas dari ibadah dan dzikir. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar rumah kita memang dijadikan seperti itu. Lihatlah apa yang beliau wasiatkan kepada kita dalam sabdanya, . “Jadikanlah shalat kalian di rumah kalian. Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan.” (HR. Bukhari no. 1187, dari Ibnu ‘Umar) . Ibnu Baththol rahimahullah dalam Syarh Al Bukhari menyatakan, “Ini adalah permisalan yang amat bagus di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memisalkan rumah yang tidak didirikan shalat di dalamnya dengan kuburan yang tidak mungkin mayit melakukan ibadah di sana. Begitu pula beliau memisalkan orang yang tidur semalaman (tanpa shalat tahajud) dengan mayit yang kebaikan telah terputus darinya. . Di antara faedah seseorang melaksanakan shalat sunnah di rumah adalah: . 1. Mengikuti ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. 2. Mengajarkan istri (karena shalat wanita yang terbaik adalah di rumahnya) dan anak-anak bagaimanakah shalat yang benar. 3. Setan menjauh dari rumah yang di dalamnya rajin didirikan shalat dan dzikir. 4. Lebih ikhlas dan terjauh dari riya’. (Yaum fii Baitir Rosul shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Abdullah Al Qosim, Darul Qosim, hal. 58) . Catatan: Jika memang harus melaksanakan shalat sunnah di masjid semacam shalat sunnah rawatib, maka tidak mengapa melakukannya di sana, apalagi jika shalat sunnah mesti dilakukan di masjid semacam shalat sunnah tahiyatul masjid atau mungkin takut telat dalam shalat karena sebab mengerjakan shalat sunnah qobliyah di rumah. . 👉🏻 Follow Instagram : @bukumuslim.co 👈🏻 . Yuk SHARE kebaikan & jangan lupa join channel telegram kami di : t.me/rumaysho7 . _______________ Ingin cari buku-buku islam, kunjungi website kami : www.bukumuslim.co (Owner : Ustadz M. Abduh Tuasikal) - FP : BukuMuslim.Co - SMS/WA/Telegram : 082314448884 . . #bukumuslimco #rumaysho #posterdakwah #bukuislam #ahlussunnah #tausiyah #kajianislam #nasehatislam #renunganislam #bukusunnah #dakwahtauhid #videotausiyah #videokajian #videomotivasi

0

mediaahlussunnah

. 📌 TAUHID menghapus semua dosa 👤 Ustadz M Abduh Tuasikal - Apa rahasia kehebatan tauhid, sehingga mampu menghapus segala dosa, sebesar apapun ? Seorang Umar bin Khathab Radhiyallahu anhu misalnya, tokoh yang sebelum masuk Islam terkenal paling menentang ajaran Islam dan terkenal dengan kekafirannya serta pernah mengubur putrinya hidup-hidup. Namun dengan masuk Islam, mentauhidkan peribadatan hanya kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala saja, maka terhapuslah segala dosa dan kesalahannya yang menggunung. Bahkan menjadi tokoh paling mulia di sisi Allâh sesudah Abu Bakar Radhiyallahu anhu. . Apalagi jika kesalahan seseorang lebih kecil, tentu akan lebih mudah terhapus dengan tauhid. Bahkan jika kesalahan serta kekufurannya lebih besar dari Umar Radhiyallahu anhu sekalipun, tetap semua itu akan hapus dan sirna dengan Tauhid. . Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : . “…وَمَنْ لَقِيَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطِيْئَةً لاَيُشْرِكُ بِي شَيْئًا، لَقِيْتُهُ بِمِثْلِهَا مَغْفِرَةً” رواه مسلم . Allah 'Azza wa Jalla berfirman ; “…Dan barangsiapa menjumpai-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi dalam keadaan TIDAK MEMPERSEKUTUKAN sesuatupun dengan Aku, maka Aku akan menjumpainya dengan ampunan yang sepenuh bumi pula” [HR. Muslim] - Baca selengkapnya di : 📎 https://almanhaj.or.id/3660-kehebatan-tauhid-menghapus-semua-dosa.html ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ 📚 Media Dakwah Ahlussunnah 📚 - 📎 Instagram : @mediaahlussunnah 📎 Telegram : t.me/ahlussunnahmedia 📎 Fan Page : fb.me/mediahlussunnah - #mediaahlussunnah

3

ngajicerdas

. Sunnah yang banyak orang belum tahu nih, Apa dzikir ketika kita melewati Jalan Tanjakan dan Turunan, yang kita tahu mungkin hanya menyanyikan lagu "Naik Naik ke Puncak Gunung" kan, nah coba mulai sekarang kita hidupkan Sunnah ini dan kenalkan serta ajarkan Dzikir ini ke anak anak mulai sedini mungkin. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Dalam perjalanan, hendaknya seorang musafir membaca dzikir “subhanallah” ketika melewati jalan menurun dan “Allahu akbar” ketika melewati jalan mendaki. Dalam sebuah riwayat disebutkan, كان رسول الله صلى الله عليه وسلم و أصحابه إذا علوا الثنايا كبروا و إذا هبطوا سبحوا . . “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya biasa jika melewati jalan mendaki, mereka bertakbir (mengucapkan “Allahu Akbar”). Sedangkan apabila melewati jalan menurun, mereka bertasbih (mengucapkan “Subhanallah”). Lihat Al Kalim Ath Thoyyib no. 175. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa riwayat ini shahih. . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . . @nrmnhdyt . . #ngajicerdas #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #babsafar #adabharian #makan #gorengan #safar #traveling #gunung #hiking #jalanjalan #liburan #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

rumaysho.id

Presenting to you 🎁 Gamis wolvis dengan 6 varian warna berbeda, pun dengan manset tangannya kini hanya satu buah saja hingga mudah nak lepas pakai.. ❤❤ . . Detail gamis dan size chart please geser ke samping 👉 . . Order ke Whatsapp 0822-2186-3255 Happy Shopping 📦📦 . . #AlHauraa #alhauraajambi #gamisjambi #gamissyari #gamissyarijambi #gamissunnah #Samase #Samasejambi #jubah #jubahikhwan #bajukoko #sirwal #celanasirwal #kemejacowok #qurta #Rumaysho #ikhwanjambi #assunnahjambi #jambi #muslim

0

rumaysho.id

Presenting to you 🎁 Gamis wolvis dengan 6 varian warna berbeda, pun dengan manset tangannya kini hanya satu buah saja hingga mudah nak lepas pakai.. ❤❤ . . Detail gamis dan size chart please geser ke samping 👉 . . Order ke Whatsapp 0822-2186-3255 Happy Shopping 📦📦 . . #AlHauraa #alhauraajambi #gamisjambi #gamissyari #gamissyarijambi #gamissunnah #Samase #Samasejambi #jubah #jubahikhwan #bajukoko #sirwal #celanasirwal #kemejacowok #qurta #Rumaysho #ikhwanjambi #assunnahjambi #jambi #muslim

0

rumaysho.id

Presenting to you 🎁 Gamis wolvis dengan 6 varian warna berbeda, pun dengan manset tangannya kini hanya satu buah saja hingga mudah nak lepas pakai.. ❤❤ . . Detail gamis dan size chart please geser ke samping 👉 . . Order ke Whatsapp 0822-2186-3255 Happy Shopping 📦📦 . . #AlHauraa #alhauraajambi #gamisjambi #gamissyari #gamissyarijambi #gamissunnah #Samase #Samasejambi #jubah #jubahikhwan #bajukoko #sirwal #celanasirwal #kemejacowok #qurta #Rumaysho #ikhwanjambi #assunnahjambi #jambi #muslim

0

rumaysho.id

Presenting to you 🎁 Gamis wolvis dengan 6 varian warna berbeda, pun dengan manset tangannya kini hanya satu buah saja hingga mudah nak lepas pakai.. ❤❤ . . Detail gamis dan size chart please geser ke samping 👉 . . Order ke Whatsapp 0822-2186-3255 Happy Shopping 📦📦 . . #AlHauraa #alhauraajambi #gamisjambi #gamissyari #gamissyarijambi #gamissunnah #Samase #Samasejambi #jubah #jubahikhwan #bajukoko #sirwal #celanasirwal #kemejacowok #qurta #Rumaysho #ikhwanjambi #assunnahjambi #jambi #muslim

0

rumaysho.id

Presenting to you 🎁 Gamis wolvis dengan 6 varian warna berbeda, pun dengan manset tangannya kini hanya satu buah saja hingga mudah nak lepas pakai.. ❤❤ . . Detail gamis dan size chart please geser ke samping 👉 . . Order ke Whatsapp 0822-2186-3255 Happy Shopping 📦📦 . . #AlHauraa #alhauraajambi #gamisjambi #gamissyari #gamissyarijambi #gamissunnah #Samase #Samasejambi #jubah #jubahikhwan #bajukoko #sirwal #celanasirwal #kemejacowok #qurta #Rumaysho #ikhwanjambi #assunnahjambi #jambi #muslim

0

rumaysho.id

Presenting to you 🎁 Gamis wolvis dengan 6 varian warna berbeda, pun dengan manset tangannya kini hanya satu buah saja hingga mudah nak lepas pakai.. ❤❤ . . Detail gamis dan size chart please geser ke samping 👉 . . Order ke Whatsapp 0822-2186-3255 Happy Shopping 📦📦 . . #AlHauraa #alhauraajambi #gamisjambi #gamissyari #gamissyarijambi #gamissunnah #Samase #Samasejambi #jubah #jubahikhwan #bajukoko #sirwal #celanasirwal #kemejacowok #qurta #Rumaysho #ikhwanjambi #assunnahjambi #jambi #muslim

0

svn_alqibthiyah

Repost By barakallah_92: Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #celotehmuslim #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk - #regrann (via #EasyRepost @AppKottage)

2

mudafisabilillah

Dalam beberapa ayat, Allah Ta’ala telah memerintahkan untuk berlaku jujur. Di antaranya pada firman Allah Ta’ala, . يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ . “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur.” (QS. At Taubah: 119). - Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa.” (HR. Tirmidzi no. 2518 dan Ahmad 1/200, hasan shahih). - Jujur adalah suatu kebaikan sedangkan dusta (menipu) adalah suatu kejelekan. Yang namanya kebaikan pasti selalu mendatangkan ketenangan, sebaliknya kejelekan selalu membawa kegelisahan dalam jiwa. - Basyr Al Haafi berkata, “Barangsiapa yang berinteraksi dengan Allah dengan penuh kejujuran, maka manusia akan menjauhinya.” (Mukhtashor Minhajil Qoshidin, 351). Karena memang jujur itu begitu asing saat ini, sehingga orang yang jujur dianggap aneh.. . 📷 @rumayshocom . . #dakwahsunnah #rodja #yufid #sunnah #kajiansunnah #rumaysho #dakwahsalaf #kajiansalaf #manhajsalaf #salaf #salafi #ahlussunnahwaljamaah #dakwahtauhid #tauhid #ustadzkhalidbasalamah #ammartv #mediasunnah

1

yohana.fransisca

#Repost @dedyrahmat_abuuwais with @instatoolsapp ・・・ Buat yang suka lupa baca Bismillah sebelum makan, ini dia doanya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Membaca tasmiyah (basmallah) sebelum makan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi) Di antara faedah membaca basmallah di setiap makan adalah agar setan tidak ikut makan apa yang kita makan. Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang duduk bersama seseorang yang sedang makan. Orang itu belum menyebut nama Allah hingga makanan yang dia makan itu tinggal sesuap. Ketika dia mengangkat ke mulutnya, dia mengucapkan, ‘Bismillaahi fii awwalihii wa aakhirihi’. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa dibuatnya seraya bersabda, “Masih saja setan makan bersamanya, tetapi ketika dia menyebut nama Allah maka setan memuntahkan semua yang ada dalam perutnya.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa`i) . . 📝Muslim.or.id ________________________________ Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . . Simak kajian lainya di @nrmnhdyt . . #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #adabharian #makan #gorengan #kerupuk #cabe #lombok #pake #tangan #kanan #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #film #ilmu #sharing #post #sunnah #youtube #kajianyuk

3

nasrudinnas68

Buat yang suka makan gorengan nih biasanya makan cabenya pake tangan kiri juga terus ada juga yang suka makan kerupuk pake tangan kiri juga, hayo? mulai sekarang makan harus pake tangan kanan ya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Ketahuilah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam biasa menggunakan tangan kanan untuk sebagian besar urusannya yang baik-baik. Sebagaimana hadits ‘Aisyah radhiallahu’anha: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ فِي شَأْنِهِ كُلِّهِ “Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya” (HR. Bukhari 168). . Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari (saat mengambil makanan) di nampan. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadaku: “wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu”. (HR. Bukhari no.5376, Muslim no.2022), . Ini juga berlaku ketika minum, berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiallahu’anhuma: إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ “jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020). . 📝Muslim.or.id Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv Simak video versi full nya di Channel youtube yufid.tv. . . Simak kajian lainya di @nrmnhdyt . . #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #adabharian #makan #gorengan #kerupuk #cabe #lombok #pake #tangan #kanan #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #film #ilmu #sharing #post #sunnah #youtube #kajianyuk

6

ibnu_sonny

@Regranned from @nrmnhdyt - Sunnah yang banyak orang belum tahu nih, Apa dzikir ketika kita melewati Jalan Tanjakan dan Turunan, yang kita tahu mungkin hanya menyanyikan lagu "Naik Naik ke Puncak Gunung" kan, nah coba mulai sekarang kita hidupkan Sunnah ini dan kenalkan serta ajarkan Dzikir ini ke anak anak mulai sedini mungkin. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Dalam perjalanan, hendaknya seorang musafir membaca dzikir “subhanallah” ketika melewati jalan menurun dan “Allahu akbar” ketika melewati jalan mendaki. Dalam sebuah riwayat disebutkan, كان رسول الله صلى الله عليه وسلم و أصحابه إذا علوا الثنايا كبروا و إذا هبطوا سبحوا . . “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya biasa jika melewati jalan mendaki, mereka bertakbir (mengucapkan “Allahu Akbar”). Sedangkan apabila melewati jalan menurun, mereka bertasbih (mengucapkan “Subhanallah”). Lihat Al Kalim Ath Thoyyib no. 175. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa riwayat ini shahih. . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv Simak video versi full nya di Channel youtube yufid.tv. . . Simak kajian lainya di @nrmnhdyt . . #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #babsafar #adabharian #makan #gorengan #safar #traveling #gunung #hiking #jalanjalan #liburan #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

5

abuumairr

"LGBT terkena LAKNAT" ================= Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah bersabda, لَعَنَ اللَّهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللَّهِ لَعَنَ اللَّهُ مَنْ غَيَّرَ تُخُومَ الأَرْضِ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ كَمَهَ الأَعْمَى عَنِ السَّبِيلِ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ سَبَّ وَالِدَيْهِ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ تَوَلَّى غَيْرَ مَوَالِيهِ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ عَمِلَ عَمَلَ قَوْمِ لُوطٍ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ عَمِلَ عَمَلَ قَوْمِ لُوطٍ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ عَمِلَ عَمَلَ قَوْمِ لُوطٍ “Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah. Allah melaknat orang yang merubah batas tanah. Allah melaknat orang yang menyesatkan orang yang buta dari jalan. Allah melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya. Allah melaknat orang yang menyandarkan diri pada selain tuannya. Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan seperti kaum Luth. Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan seperti kaum Luth. Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan seperti kaum Luth.” (HR. Ahmad, 1: 309. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid, perawinya shahih) Dalam riwayat lain disebutkan, عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- « مَلْعُونٌ مَنْ سَبَّ أَبَاهُ مَلْعُونٌ مَنْ سَبَّ أُمَّهُ مَلْعُونٌ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللَّهِ مَلْعُونٌ مَنْ غَيَّرَ تُخُومَ الأَرْضِ مَلْعُونٌ مَنْ كَمَهَ أَعْمَى عَنْ طَرِيقٍ مَلْعُونٌ مَنْ وَقَعَ عَلَى بَهِيمَةٍ مَلْعُونٌ مَنْ عَمِلَ عَمَلَ قَوْمِ لُوطٍ » Dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Terlaknatlah orang yang melaknat bapaknya. Terlaknatlah orang yang melaknat ibunya. Terlaknatlah orang yang menyembelih untuk selain Allah. Terlaknatlah orang yang merubah batas tanah. Terlaknatlah orang yang menyesatkan orang yang buta dari jalan. Terlaknatlah orang yang menyetubuhi hewan (zoophilia). Terlaknatlah orang yang berkelakuan seperti kaum Luth.” (HR. Ahmad, 1: 317. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan) Semoga Allah menjauhkan kita dari setiap dosa besar. Sumber : https://rumaysho.com/13392-lgbt-terkena-laknat.html Follow: @abuumairr @abuumairr @abuumairr #abuumairr #lgbt #terlaknat #laknat #rumaysho

0

berandalim

Kalau sholat cuma sholat' orang yang tak waraspun bisa, perbaiki sholat kita masing-masing perdalam tata cara sholat yang baik sesuai tuntunan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,karena intinya bukan sholat yang butuh kita namun kita yang butuh sholat. . . Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.] . . https://googleweblight.com/?lite_url=https://muslim.or.id/6361-rukun-rukun-shalat.html&ei=gNZk4l9s&lc=en-ID&s=1&m=341&host=www.google.com&ts=1516033223&sig=AOyes_SeVl3OgWkP6qIrcmlEnpkjEdWF-g (fiqh rukun shalat) . . Sumber : @rumayshocom @muslimorid . . #islam #alquran #hadits #sunnah #tauhid #aqidah #muslim #muslimah #fiqhshalat #shalat #rumaysho #muslimorid

0

_jomblosyariah

Bismillah... #selfreminder . Nah !!! ambilah MAKANAN yang TERDEKAT dulu dan jangan lupa kalo bisa pake 3 JARI, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim) . Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud). . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #adab #makan #3jari #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

4

lilynrindhs

Dalam beberapa ayat, Allah Ta’ala telah memerintahkan untuk berlaku jujur. Di antaranya pada firman Allah Ta’ala, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ . “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur.” (QS. At Taubah: 119) . Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa.” (HR. Tirmidzi no. 2518 dan Ahmad 1/200, hasan shahih) . Jujur adalah suatu kebaikan sedangkan dusta (menipu) adalah suatu kejelekan. Yang namanya kebaikan pasti selalu mendatangkan ketenangan, sebaliknya kejelekan selalu membawa kegelisahan dalam jiwa. Basyr Al Haafi berkata, “Barangsiapa yang berinteraksi dengan Allah dengan penuh kejujuran, maka manusia akan menjauhinya.” (Mukhtashor Minhajil Qoshidin, 351) . Karena memang jujur itu begitu asing saat ini, sehingga orang yang jujur dianggap aneh. Sumber : https://rumaysho.com/1873-mencari-orang-yang-jujur-itu-sulit.html . #jujur #kejujuran #kebaikan #surga #dusta #pendusta #kejahatan #keburukan #neraka #rumaysho

0

myakub04

. Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji #selfreminder #dakwah #dakwahislam #islam #dakwahtauhid #kajiansunnah

7

kayprtw_

. Bismillah... KEUTAMAAN SESORANG YG BERILMU" (FAQIH dalam ILMU AGAMA ) : . Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, pasti akan semakin semangat untuk belajar Islam. Jika keutamaannya semakin membuat seseorang dekat dengan Allah, diridhoi malaikat dan membuat penduduk langit, juga bumi tunduk, maka itu sudah jadi keutamaan yang luar biasa. Berikut kami tunjukkan beberapa di antara keutamaan ilmu agama: . . . 1- Yang paling takut pada Allah hanyalah orang yang berilmu . Hal ini bisa direnungkan dalam ayat : . إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28). . Para ulama berkata : “Siapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah.” . . . 2- Orang yang dipahamkan ILMU AGAMA oleh ALLAH, itulah yang dikehendaki kebaikan. Dari Mu’awiyah, Nabi ﷺ bersabda : . “Barangsiapa yang ALLAH kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka ALLAH akan memahamkan dia tentang ILMU AGAMA.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037). . . . 3- Akan hidup terus setelah matinya. . Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda : . “Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631) . . Semoga Allah beri hidayah untuk terus menempuh jalan meraih ilmu bermanfaat. . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . . Simak kajian lainya di : @lampung.sunnah follow : @lampung.sunnah . . . . . #islam #muslim #muslimah #keutamaan #ilmu #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji #Repost @lampung.sunnah with @insta.save.repost • • •

0

annisaarinda11

#Repost @fiqihwanita_ with @get_repost ・・・ Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 @safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunn

1

dinigustianii

Kamunya itu siapa? Nawar ajjahh 🙅 . Yang wajib bagi setiap muslim adalah mengerjakan shalat pada waktunya. Sedangkan mengerjakan shalat di awal waktu menunjukkan afdholiyah atau keutamaan. . Allaah Ta’ala berfirman, إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا . “Sesungguhnya shalat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman.” (QS. An Nisaa’: 103) . Ibnu Jarir dalam kitab tafsirnya berkata, dari Al Auza’i, dari Musa bin Sulaiman, dari Al Qosim bin Mukhoymiroh mengenai firman Allaah Ta’ala. . فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ . “Dan datanglah orang-orang setelah mereka yang menyia-nyiakan shalat.” (QS. Maryam: 59), Al Qosim berkata bahwa yang dimaksud ayat ini, “Mereka yang menyia-nyiakan waktu shalat. Sedangkan jika sampai meninggalkan shalat, maka kafir.” . Para ulama sepakat bahwa yang paling afdhol adalah mengerjakan shalat di awal waktunya. Namun dikecualikan dua shalat: 1- Shalat Isya’ -menurut jumhur atau mayoritas ulama- disyariatkan diakhirkan. Ini ditujukan bagi orang yang shalat sendirian atau mereka yang berjamaah namun atas kesepakatan mereka, yaitu diakhirkan hingga akhir 1/3 malam pertama atau sebelum pertengahan malam. 2- Shalat Zhuhur ketika cuaca begitu panas, disunnahkan untuk diakhirkan hingga cuaca tudak terlalu panas, yang penting sebelum masuk waktu Ashar. Dan ada hadits pula yang menyatakan bahwa shalat di awal waktu itulah yang paling afdhol, عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا » Dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud no. 426. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). . Referensi: Shifat Shalat Nabi shallallaahu ‘alayhi wa sallam, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Marzuq Ath Thorifi, terbitan Maktabah Darul Minhaj, cetakan ketiga, tahun 1433 H. . #memorihijrahku #selfreminder #galeriquote #rumaysho #bimbinganislam #kajiansunnah #kajianislam #semogabermanfaat #sharemanfaat #sifatshalatnabi - #re

0

mediaahlussunnah

. 📌 ATURAN ISBAL DAN HIJAB 👤 Ustadz M Abduh Tuasikal 🎬 Rumaysho TV ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ 📚 Media Dakwah Ahlussunnah 📚 - 📎 Instagram : @mediaahlussunnah 📎 Telegram : t.me/ahlussunnahmedia 📎 Fan Page : fb.me/mediahlussunnah - #mediaahlussunnah

3

okiyudiazizi

Bismillah... Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِىَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). Ibnu Majah juga membawakan hadits ini pada Bab “Peringatan keras mengenai hutang.” . Baca lebih lengkapnya di situs https://rumaysho.com/187-bahaya-orang-yang-enggan-melunasi-hutangnya.html . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #woy #bayar #hutang #wajib #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

3

gomuslim

Dalam rangka menyambut pemilihan kepala daerah, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan melaksanakan ujian membaca Alquran bagi tujuh pasangan bakal cabup dan cawabup di Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan, Kamis (11/01/2017). Sebanyak 7 pasangan paslon yang mendaftar ke kantor KIP Aceh, Aceh Selatan, tiga pasangan yang diusung oleh partai politik dan 4 pasangan dari jalur perseorangan. Baca selengkapnya di www.gomuslim.co.id #aceh #nad #alquran #kip #qanun #rumaysho

0

abu_ubay7

#Repost @indonesiabertauhidofficial Kesimpulan mutiara hadits di atas . 1. Makin banyak langkah ke masjid, makin banyak pahala yang diperoleh. . 2. Makin jauh dari masjid berarti makin banyak langkah dan makin berat, itulah yang membuat pahala semakin besar. . 3. Hendaknya yang jaraknya jauh dari masjid lebih semangat untuk ke masjid karena pahalanya lebih besar dibandingkan dengan orang yang rumahnya dekat dengan masjid karena orang yang dekat mudah sekali untuk ke masjid. . 4. Sebagian ulama menjadikan hadits ini sebagai dalil untuk memilih masjid yang lebih jauh. Namun yang lebih tepat, shalat di masjid terdekat lebih utama agar bisa berinteraksi dan bersosialisasi hingga mendakwahi tetangga dan orang dekat rumah. . 5. Hadits ini menunjukkan keutamaan menunggu shalat. . 6. Hadits ini membicarakan tentang shalat Isya’. Hal ini menunjukkan bahwa boleh mengundur waktu shalat tersebut, ditunjukkan dalam hadits lainnya hingga sepertiga malam. . 7. Shalat bersama imam dengan menunggunya lebih utama daripada seseorang lebih dahulu shalat kemudian tidur. . 8. Shalat berjamaah bersama imam lebih utama dibandingkan shalat di awal waktu seorang diri. . 9. Imam haruslah orang yang paling fakih dan paham akan kitabullah, dialah yang didahulukan dari yang lain dalam shalat. . 10. Shalat bersama imam tanda bahwa kaum muslimin itu berjumlah sangat besar (sawadul a’zhom). Shalat berjamaah dengan imam menunjukkan persatuan kaum muslimin dan akan semakin membuat takut musuh-musuh mereka. Inilah yang menunjukkan faedah besar dari shalat berjamaah. . _____ Sumber : https://rumaysho.com/15283-keutamaan-orang-yang-jauh-dari-masjid.html . . #IndonesiaBertauhid #dakwah #tauhid #masjid #shalat . 📷@rumayshocom @jogja.mengaji . Follow: @indonesiatauhid Follow: @indonesiatauhid Follow: @indonesiatauhid #sunnah #salaf #ustadzmuhammadabduhtuasikal #rumaysho

0

muslimahhijrah7

Jika makanan sudah tersaji dan waktu shalat tiba, sunnah/anjurannya makan terlebih dahulu baru melaksanakan shalat jika memang benar benar dalam keadaan laper banget. Anjuran ini berlaku untuk semua waktu shalat. (Eh tapi jangan memanfaatkan anjuran ini untuk lalai dan menunda waktu shalat, biasanya sengaja nih nunda makan padahal bisa makan saat itu juga dan waktu adzan malah sengaja  baru makan dulu, nah kalo kayak gitu ya salah). yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Manakah yang mesti didahulukan saat makan malam -misalnya- telah tersaji, apakah makan dulu baru mengerjakan shalat? Atau bagaimana? Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ وَلاَ وَهُوَ يُدَافِعُهُ الأَخْبَثَانِ “Tidak ada shalat ketika makanan telah dihidangkan, begitu pula tidak ada shalat bagi yang menahan (kencing atau buang air besar).” (HR. Muslim no. 560). Dalam hadits dari Anas radhiyallahu ‘anhu disebutkan, إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ “Jika makan malam telah tersajikan, maka dahulukan makan malam terlebih dahulu sebelum shalat Maghrib. Dan tak perlu tergesa-gesa dengan menyantap makan malam kalian.” (HR. Bukhari no. 673 dan Muslim no. 557). . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron . . Sumber : @nrmnhdyt . #muslim  #muslimah  #rumaysho  #indonesiabertauhid #babshalat  #adabharian  #yufid  #muslim  #ikhwan  #akhwat #akhi  #ukhti  #kajian  #dakwah  #salaf  #hijrah #ilmu  #sharing #post  #sunnah  #kajian #muslimahhijrah7

1

neira_hisyam_collection_

Do’a Meminta Panjang Umur dan Banyak Harta . . اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii . . Artinya: Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku. . . (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480) . . Sumber Rumaysho.com . . #neirahisyamquotes #doabanyakharta #doapanjangumur #islam #love #doapanjangumurdanbanyakharta #reminder #Selfreminder #hadistbukharidanmuslim #hadits #hadist #muslimah #muslim #semangat #quotesoftheday #islamreminder #rumaysho #suamiistribahagia #beraniberhijrah

0

m.alikhlas04

Bismillah... Nihh !! buat yang kalo mau MAGHRIB masih suka KELUYURAN... . dengan alasan ingin jalan-jalan atau yang lainnya, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana sunnah nya yang benar ketika menjelang waktu maghrib. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat . Beberapa Sunnah Nabi ﷺ di Waktu Maghrib . . Pertama : Termasuk sunnah, memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib . Kedua : Termasuk sunnah, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala . Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumahketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut, demikian pula menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah pada saat tersebut. Dan betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orang tua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita. . Dalil perbuatan ini adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: . . “Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan : jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012). . 📝Sumber : muslim.or.id Caption by: @lampung.sunnah Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #woy #magrib #syaiton #setan #keluyuran #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

farradhiva

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang, TERUTAMA FOTO KITA ATAU ANAK2 KITA YANG KITA SHARE. Jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 @safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_

1

evhyintan23

@Regranned from @lampung.sunnah - . #selfreminder Nah buat yang masih suka mencela makanan.... . tidak sadar mengomentari atau mencela makanan, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana adab yang benar ketika makan. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat . . Janganlah menjelek-jelekkan makanan, kalau tidak suka yah tinggalkan saja. Tak perlu beri komentar tanda seolak-olah menolak rizki Allah. . Imam Nawawi membawakan dalam kitab Riyadhus Sholihin mengenai tidak bolehnya mencela makanan dan disunnahkan memujinya. Beliau bawakan dua hadits dari Abu Hurairah dan Jabir berikut ini. . Tidak Menjelek-jelekkan Makanan Dari Abu Hurairah, ia berkata : . “Tidaklah Nabi ﷺ mencela suatu makanan sedikit pun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya. Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya).” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064). . Lihatlah Rasulullah ﷺ memberikan cara bagaimana menghadapi makanan yang tidak kita sukai, yaitu dengan ditinggalkan. (Bahjatun Nazhirin, 2: 51). . Ibnu Baththol rahimahullah mengatakan, “Inilah adab yang baik kepada Allah Ta’ala. Karena jika seseorang menjelek-jelekkan makanan yang tidak disukai, maka seolah-olah dengan ucapan jeleknya itu, ia telah menolak rizki Allah.” (Syarh Al Bukhari, 18: 93) . Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan, “Makanan dan minuman yang dinikmati ketika disodori pada kita, hendaklah kita tahu bahwa itu adalah nikmat yang Allah beri. Nikmat tersebut bisa datang karena kemudahan dari Allah. Kita mesti mensyukurinya dan tidak boleh menjelek-jelekkannya. Jika memang kita suka, makanlah. Jika tidak, maka tidak perlu makan dan jangan berkata yang bernada menjelek-jelekkan makanan tersebut.” (Syarh Riyadhus Sholihin, 4: 199) . . 📝Sumber : Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 safdahtv ; nrmnhdyt . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #larangan #mencela #makanan #safdah #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #yufid #rumaysho #evhyintan23

4

gadis_pemburu_ilmu

Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . Repost @habibielfatih . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

2

lidiaangg

#Repost @fiqihwanita_(@repost_via_instant)Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 @safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #su

2

abdullatifulkhobir

. Bismillah... KEUTAMAAN SESORANG YG BERILMU" (FAQIH dalam ILMU AGAMA ) : . Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, pasti akan semakin semangat untuk belajar Islam. Jika keutamaannya semakin membuat seseorang dekat dengan Allah, diridhoi malaikat dan membuat penduduk langit, juga bumi tunduk, maka itu sudah jadi keutamaan yang luar biasa. Berikut kami tunjukkan beberapa di antara keutamaan ilmu agama: . . . 1- Yang paling takut pada Allah hanyalah orang yang berilmu . Hal ini bisa direnungkan dalam ayat : . إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28). . Para ulama berkata : “Siapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah.” . . . 2- Orang yang dipahamkan ILMU AGAMA oleh ALLAH, itulah yang dikehendaki kebaikan. Dari Mu’awiyah, Nabi ﷺ bersabda : . “Barangsiapa yang ALLAH kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka ALLAH akan memahamkan dia tentang ILMU AGAMA.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037). . . . 3- Akan hidup terus setelah matinya. . Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda : . “Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631) . . Semoga Allah beri hidayah untuk terus menempuh jalan meraih ilmu bermanfaat. Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv 👥 Follow Akun Ahlusunnah wal Jama'ah lainnya: @indonesiabertauhidofficial @dedyfifa @ikhwanbppn @dakwahtauhid @dakwah.vidgram @kajiandakwah @dakwahsocmed @dakwah.ghuroba @qolallahwaqolarasul @ahmadsatria55 @kajiansemangat @video.islam @rizaldifakrulloh @tadabbur @dakwahchannel @kajiandakwah.id @rizal.oktoberty @kajianustadzkhalidbasalamah @ittibarasul @dakwahchannel @ikhwan2017 @lampung.sunnah . #ustadzkhalidbasalamah #ustadzkhalid #khalidbasalamah #ustadzsyafiqbasalamah #islam #muslim #muslimah #keutamaan #ilmu #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

1

putusasmoyo

Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

2

habibi_al_fatih

Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

5

sahabatmuslimcurup

• • • Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

3

pintusurga.official

Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

3

anggachoker42

Bismillah... KEUTAMAAN SESORANG YG BERILMU" (FAQIH dalam ILMU AGAMA ) : . Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, pasti akan semakin semangat untuk belajar Islam. Jika keutamaannya semakin membuat seseorang dekat dengan Allah, diridhoi malaikat dan membuat penduduk langit, juga bumi tunduk, maka itu sudah jadi keutamaan yang luar biasa. Berikut kami tunjukkan beberapa di antara keutamaan ilmu agama: . 1- Yang paling takut pada Allah hanyalah orang yang berilmu . Hal ini bisa direnungkan dalam ayat : . إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28). . Para ulama berkata : “Siapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah.” . 2- Orang yang dipahamkan ILMU AGAMA oleh ALLAH, itulah yang dikehendaki kebaikan. Dari Mu’awiyah, Nabi ﷺ bersabda : . “Barangsiapa yang ALLAH kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka ALLAH akan memahamkan dia tentang ILMU AGAMA.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037). . 3- Akan hidup terus setelah matinya. . Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda : . “Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631) . Semoga Allah beri hidayah untuk terus menempuh jalan meraih ilmu bermanfaat. . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . Simak kajian lainya di : @lampung.sunnah follow : @lampung.sunnah . . . . . #islam #muslim #muslimah #keutamaan #ilmu #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji - #regrann

4

ozy_rh

Yang harus engkau ingat dalam benakmu … Hartamu hanyalah titipan ilahi. Allah Ta’ala berfirman, آَمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ فَالَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS. Al Hadiid: 7) Faedah dari ayat di atas: Pertama: Perintah untuk beriman pada Allah dan Rasul-Nya. Kedua: Dorongan untuk berinfak. Ketiga: Pahala yang besar di balik, iman dan infak. Keempat: Al Qurthubi menjelaskan, “Ayat ini merupakan dalil bahwa pada hakekatnya harta tersebut milik Allah. Hamba tidaklah memiliki apa-apa melainkan apa yang Allah ridhoi. Siapa saja yang menginfakkan hartanya pada jalan Allah sebagaimana halnya seseorang yang mengeluarkan harta orang lain dengan seizinnya, maka ia akan mendapatkan pahala yang melimpah dan amat banyak. ” Al Qurtubhi sekali lagi mengatakan, “Hal ini menunjukkan bahwa harta kalian bukanlah miliki kalian pada hakikatnya. Kalian hanyalah bertindak sebagai wakil atau pengganti dari pemilik harta tersebut yang sebenarnya. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya untuk memanfaatkan harta tersebut di jalan yang benar sebelum harta tersebut hilang dan berpindah pada orang-orang setelah kalian. ” Lantas Al Qurtubhi menutup penjelasan ayat tersebut, “Adapun orang-orang yang beriman dan beramal sholih di antara kalian, lalu mereka menginfakkan harta mereka di jalan Allah, bagi mereka balasan  yang besar yaitu SURGA.” (Tafsir Al Qurthubi, 17/238) Baca selengkapnya Sumber : https://rumaysho.com/1008-hartamu-hanyalah-titipan-ilahi.html #sedekah #infak #nafkah #harta #berkah #ustmuhammadabduhtuasikal #rumaysho

0

rullifghtr

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

3

sutrisno_sudarsono

Bismillah... #selfreminder Nah ambilah makanan yang terdekat dulu dan jangan lupa kalo bisa pake 3 jari, kenapa enggak? Sunnah itu pasti banyak manfaatnya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim) . Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud). . 📝Muslimah.or.id ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

3

heyyimaa

. Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 @safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv 🔁@fiqihwanita_ . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #p

2

camicisindonesia

Di antara doa yang mustajab (mudah diijabahi atau dikabulkan) adalah doa di sepertiga malam terakhir. Namun kita sering melalaikan hal ini karena waktu malam kita biasa diisi dengan tidur lelap. - Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari no. 6321 dan Muslim no. 758) - Ibnu Baththol berkata, “Waktu tersebut adalah waktu yang mulia dan terdapat dorongan beramal di waktu tersebut. Allah Ta’ala mengkhususkan waktu itu dengan nuzul-Nya (turunnya Allah). Allah pun memberikan keistimewaan pada waktu tersebut dengan diijabahinya doa dan diberi setiap yang diminta.” (Syarh Al Bukhari, 19/118) - Catatan: Waktu malam dihitung dari tenggelamnya matahari (waktu Maghrib) hingga terbit fajar Shubuh. Jika waktu Maghrib kira-kira pukul 18.00 dan waktu Shubuh pukul 04.00, berarti waktu malam ada sekitar 10 jam. Pertengahan malam berarti jam 11 malam. Sedangkan sepertiga malam terakhir dimulai kira-kira jam 1 dinihari. - Moga Allah mudahkan waktu kita di malam hari diisi dengan shalat tahajjud ikhlas karena-Nya dan semoga Allah memperkenankan setiap doa-doa kita. - Source: @rumayshocom #rumaysho #islam #muslim #muslimah #dakwah #fiqih #dakwahtauhid #tauhid #sunnah #salaf #salafi #doa #alquran #kajiansunnah #tausiyah #salam #iman #masjid #haji #umroh

1

_ratnajuami

“ Jika makanan sudah tersaji dan waktu shalat tiba, sunnah/anjurannya makan terlebih dahulu baru melaksanakan shalat jika memang benar benar dalam keadaan laper banget. Anjuran ini berlaku untuk semua waktu shalat. (Eh tapi jangan memanfaatkan anjuran ini untuk lalai dan menunda waktu shalat, biasanya sengaja nih nunda makan padahal bisa makan saat itu juga dan waktu adzan malah sengaja  baru makan dulu, nah kalo kayak gitu ya salah). yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Manakah yang mesti didahulukan saat makan malam -misalnya- telah tersaji, apakah makan dulu baru mengerjakan shalat? Atau bagaimana? Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ وَلاَ وَهُوَ يُدَافِعُهُ الأَخْبَثَانِ “Tidak ada shalat ketika makanan telah dihidangkan, begitu pula tidak ada shalat bagi yang menahan (kencing atau buang air besar).” (HR. Muslim no. 560). Dalam hadits dari Anas radhiyallahu ‘anhu disebutkan, إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ “Jika makan malam telah tersajikan, maka dahulukan makan malam terlebih dahulu sebelum shalat Maghrib. Dan tak perlu tergesa-gesa dengan menyantap makan malam kalian.” (HR. Bukhari no. 673 dan Muslim no. 557). . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv Simak video versi full nya di Channel youtube yufid.tv. . . Simak kajian lainya di @nrmnhdyt . . #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #babshalat #adabharian #makan #gorengan #kerupuk #cabe #lombok #pake #tangan #kanan #waktushalat #makandulu  #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

19

fierdauz_fier

iqomic @Regranned from @akhitaleb - Apa itu istidraj? Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: إِذَا رَأَيْتَ اللهَ تَعَالَى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيْهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنهُ اسْتِدْرَاج ٌ “Bila kamu melihat Allah memberi pada hamba dari (perkara) dunia yang diinginkannya, padahal dia terus berada dalam kemaksiatan kepada-Nya, maka (ketahuilah) bahwa hal itu adalah istidraj (jebakan berupa nikmat yang disegerakan) dari Allah.” (HR. Ahmad 4: 145. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lain). Allah Ta’ala berfirman, فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُون َ “Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” (QS. Al An’am: 44) #dakwahkreatif #dakwahsunnah #rumaysho - #regrann

0

belaziu

Buat yang suka lupa baca Bismillah sebelum makan, ini dia doanya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Membaca tasmiyah (basmallah) sebelum makan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi) #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #adabharian #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #film #ilmu #sharing #post #sunnah #youtube #kajianyuks #ustadabdulsomad #ustadzadihidayat #ustadkhalidbasalamah #ahlusunnahwaljamaah

2

ocky__

Kadang kita membicarakan jelek orang lain (ghibah), padahal diri kita sendiri penuh kekurangan. Seharusnya kita pandai bercermin, melihat kekurangan sendiri. Sebagian wanita yang berjilbab kecil, kadang berkomentar sinis pada ibu berjilbab syar’i, “Idih, jilbab gede ini, kayak teroris saja.” Sebagian kita lagi membicarakan kelakuan jelek tetangganya, “Itu loh tetangga kita, punya mobil baru lagi, benar-benar tak pernah puas dengan dunia.” Sebelum membicarakan jelek saudaramu, coba pikirkan hadits ini. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, يُبْصِرُ أَحَدُكُمْ القَذَاةَ فِي أَعْيُنِ أَخِيْهِ، وَيَنْسَى الجَذْلَ- أَوْ الجَذْعَ – فِي عَيْنِ نَفْسِهِ “Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” (HR. Bukhari dalam Al Adabul Mufrad no. 592, riwayat yang shahih) Maksud perkataan sahabat Abu Hurairah di atas adalah sama seperti pepatah dalam bahasa kita “Semut di seberang lautan nampak, gajah di pelupuk mata tak nampak”. Artinya, aib orang lain sebenarnya kita tidak tahu seluruhnya. Selalu kita katakan mereka jelek, mereka sombong, mereka sok alim, dan cap jelek lainnya. Sedangkan aib kita, kita yang lebih tahu. Kalau aib orang lain kita hanya tahunya “kecil” makanya Abu Hurairah ungkapkan dengan istilah “kotoran kecil di mata”. Namun aib kita, kita yang lebih tahu akan “besarnya”, maka dipakai dalam hadits dengan kata “kayu besar”. Sebenarnya kita yang lebih tahu akan kekurangan kita yang begitu banyak. So … coba terus introspeksi diri daripada terus membicarakan aib dan kekurangan saudara kita. Cobalah berusaha agar diri kita menjadi lebih baik. Moga kita dapat hidayah. Ungkapan hati di pagi penuh berkah di Darush Sholihin, 13 Muharram 1436 H Oleh Al Faqir Ilallah: M. Abduh Tuasikal, MSc Sumber : https://rumaysho.com/9384-sebelum-membicarakan-jelek-saudaramu.html #aib #temansholeh #syafaat #dakwahtauhid #dakwahsalaf #ilmu #berimusebelumberamal #rumaysho #ustadabduhtuasikal #ustadsyafiqbasalamah #rodjatv #yufid

0

hnrssftr

#Repost @lampung.sunnah Bismillah... KEUTAMAAN SESORANG YG BERILMU" (FAQIH dalam ILMU AGAMA ) : . Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, pasti akan semakin semangat untuk belajar Islam. Jika keutamaannya semakin membuat seseorang dekat dengan Allah, diridhoi malaikat dan membuat penduduk langit, juga bumi tunduk, maka itu sudah jadi keutamaan yang luar biasa. Berikut kami tunjukkan beberapa di antara keutamaan ilmu agama: . . . 1- Yang paling takut pada Allah hanyalah orang yang berilmu . Hal ini bisa direnungkan dalam ayat : . إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28). . Para ulama berkata : “Siapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah.” . . . 2- Orang yang dipahamkan ILMU AGAMA oleh ALLAH, itulah yang dikehendaki kebaikan. Dari Mu’awiyah, Nabi ﷺ bersabda : . “Barangsiapa yang ALLAH kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka ALLAH akan memahamkan dia tentang ILMU AGAMA.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037). . . . 3- Akan hidup terus setelah matinya. . Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda : . “Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631) . . Semoga Allah beri hidayah untuk terus menempuh jalan meraih ilmu bermanfaat. . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . . Simak kajian lainya di : @lampung.sunnah follow : @lampung.sunnah . . . . . #islam #muslim #muslimah #keutamaan #ilmu #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

2

ekyfernandez

KUY! MENGETAHUI LEBIH BANYAK TENTANG APA ITU SUJUD TILAWAH DAN BAGAIMANA TATA CARANYA? Simak videonya. Semoga bermanfaat. Sujud tilawah adalah sujud yang disebabkan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah yang terdapat dalam Al Qur’an Al Karim. Keutamaan Sujud Tilawah Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُولُ يَا وَيْلَهُ – وَفِى رِوَايَةِ أَبِى كُرَيْبٍ يَا وَيْلِى – أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِىَ النَّارُ “Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.” (HR. Muslim no. 81) Bagaimana penjelesan dan panduan lebih lengkap nya silahkan baca artikel #Rumaysho - Panduan Sujud Tilawah dan yang ingin menonton full videonya di youtube bisa search #Yufid - Sujud Tilawah. Jazakumullahu Khayron 👤 Ust. Ammi Nur Baits. 🎬 Yufid.tv . . Simak kajian lainya di @nrmnhdyt . . #sujudtilawah #shalat #wajib #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ustamminurbaits #film #ilmu #sharing #post #babshalat #Repost @nrmnhdyt with @insta.save.repost • • •

1

verna_yuniarti

Bismillah... Nihh !! buat yang kalo mau MAGHRIB masih suka KELUYURAN... . dengan alasan ingin jalan-jalan atau yang lainnya, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana sunnah nya yang benar ketika menjelang waktu maghrib. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat . Beberapa Sunnah Nabi ﷺ di Waktu Maghrib . . Pertama : Termasuk sunnah, memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib . Kedua : Termasuk sunnah, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala . Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumahketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut, demikian pula menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah pada saat tersebut. Dan betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orang tua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita. . Dalil perbuatan ini adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: . . “Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan : jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012). . 📝Sumber : muslim.or.id Caption by: @lampung.sunnah Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; Repost @nrmnhdyt . . #woy  #magrib  #syaiton  #setan  #keluyuran  #safdah #muslim  #muslimah  #rumaysho #adabharianmuslim  #adabharian  #yufid  #ikhwan #akhwat  #akhi  #ukhti  #kajian  #dakwah  #salaf #hijrah #ilmu  #sharing  #post  #sunnah  #kajianyuk

0

lampung.sunnah

. Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

34

myakub04

Bismillah... Nah buat yang habis makan pake tangan kanan terus gak mau jilatin beralasan jorok, padahal ini sunnah dan ada manfaatnya loh , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Menjilat tangan sebelum mencuci atau mengusapnya, Lanjutan dari hadits Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.”[HR. Muslim no. 2033] . Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari (seusai makan) adalah sesuatu yang disyari’atkan (dianjurkan). Alasannya sebagaimana yang disebutkan di akhir hadits, yaitu karena orang yang makan tidak mengetahui di manakah barokah yang ada pada makanannya. Makanan yang disajikan pada orang yang makan benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan, atau pada makanan yang tersisa pada jari atau pada mangkoknya, atau pada suapan yang terjatuh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini agar ketika makan pun bisa meraih barokah. Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya.” . An Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dibolehkan mengusap tangan dengan serbet, namun yang sesuai sunnah (ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) dilakukan setelah menjilat jari. [Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 13/204-205]. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #dijilat #dielap #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

5

camicisindonesia

Kesimpulan mutiara hadits di atas: 1. Makin banyak langkah ke masjid, makin banyak pahala yang diperoleh. 2. Makin jauh dari masjid berarti makin banyak langkah dan makin berat, itulah yang membuat pahala semakin besar. 3. Hendaknya yang jaraknya jauh dari masjid lebih semangat untuk ke masjid karena pahalanya lebih besar dibandingkan dengan orang yang rumahnya dekat dengan masjid karena orang yang dekat mudah sekali untuk ke masjid. 4. Sebagian ulama menjadikan hadits ini sebagai dalil untuk memilih masjid yang lebih jauh. Namun yang lebih tepat, shalat di masjid terdekat lebih utama agar bisa berinteraksi dan bersosialisasi hingga mendakwahi tetangga dan orang dekat rumah. 5. Hadits ini menunjukkan keutamaan menunggu shalat. 6. Hadits ini membicarakan tentang shalat Isya’. Hal ini menunjukkan bahwa boleh mengundur waktu shalat tersebut, ditunjukkan dalam hadits lainnya hingga sepertiga malam. 7. Shalat bersama imam dengan menunggunya lebih utama daripada seseorang lebih dahulu shalat kemudian tidur. 8. Shalat berjamaah bersama imam lebih utama dibandingkan shalat di awal waktu seorang diri. 9. Imam haruslah orang yang paling fakih dan paham akan kitabullah, dialah yang didahulukan dari yang lain dalam shalat. 10. Shalat bersama imam tanda bahwa kaum muslimin itu berjumlah sangat besar (sawadul a’zhom). Shalat berjamaah dengan imam menunjukkan persatuan kaum muslimin dan akan semakin membuat takut musuh-musuh mereka. Inilah yang menunjukkan faedah besar dari shalat berjamaah. - Semoga bermanfaat 🙏🏻 - Source: @rumayshocom #rumaysho #islam #muslim #muslimah #dakwah #fiqih #dakwahtauhid #tauhid #sunnah #salaf #salafi #doa #alquran #kajiansunnah #tausiyah #salam #iman #masjid #haji #umroh

0