Safdah Photos & Videos on Instagram

Report inappropriate content

yuniartiningsih004

Nah buat yang masih suka mencela makanan.... . tidak sadar keceplosan untuk mengomentari atau mencela makanan, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana adab yang benar ketika makan. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat . . Janganlah menjelek-jelekkan makanan, kalau tidak suka yah tinggalkan saja. Tak perlu beri komentar tanda seolak-olah menolak rizki Allah. . Imam Nawawi membawakan dalam kitab Riyadhus Sholihin mengenai tidak bolehnya mencela makanan dan disunnahkan memujinya. Beliau bawakan dua hadits dari Abu Hurairah dan Jabir berikut ini. . Tidak Menjelek-jelekkan Makanan Dari Abu Hurairah, ia berkata : . “Tidaklah Nabi ﷺ mencela suatu makanan sedikit pun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya. Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya).” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064). . Lihatlah Rasulullah ﷺ memberikan cara bagaimana menghadapi makanan yang tidak kita sukai, yaitu dengan ditinggalkan. (Bahjatun Nazhirin, 2: 51). . Ibnu Baththol rahimahullah mengatakan, “Inilah adab yang baik kepada Allah Ta’ala. Karena jika seseorang menjelek-jelekkan makanan yang tidak disukai, maka seolah-olah dengan ucapan jeleknya itu, ia telah menolak rizki Allah.” (Syarh Al Bukhari, 18: 93) . Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan, “Makanan dan minuman yang dinikmati ketika disodori pada kita, hendaklah kita tahu bahwa itu adalah nikmat yang Allah beri. Nikmat tersebut bisa datang karena kemudahan dari Allah. Kita mesti mensyukurinya dan tidak boleh menjelek-jelekkannya. Jika memang kita suka, makanlah. Jika tidak, maka tidak perlu makan dan jangan berkata yang bernada menjelek-jelekkan makanan tersebut.” (Syarh Riyadhus Sholihin, 4: 199) . . . . . . #islam #muslim #muslimah #larangan #mencela #makanan #safdah #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #yufid #rumaysho #lampung.sunnah

0

samoa.id

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa [Thaha/20:132] Sumber : Safdah Tv, @safdahtv, YouTube : Safdah Tv. Semoga bermanfaat. #safdahtv #safdah #ustabuyahyabadrusalam #abuyahyabadrussalam #ustadihidayatlcma #adihidayat #ustadzfirandaandirja #syafiqrizabasalamah #ustkhalidbasalamah #ustabdulsomad #ustoemarmita #usthananattaki #islamicquotes #kajianislam #nasehatislam #ulamanusantara #pemudahijrah #shiftpemudahijrah #pelita #cintaquran #cintasunnah #tauhid

0

59detik_kajian

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa [Thaha/20:132] Sumber : Safdah Tv, @safdahtv, YouTube : Safdah Tv. Semoga bermanfaat. #safdahtv #safdah #ustabuyahyabadrusalam #abuyahyabadrussalam #ustadihidayatlcma #adihidayat #ustadzfirandaandirja #syafiqrizabasalamah #ustkhalidbasalamah #islamicquotes #kajianislam #59detikkajian #nasehatislam #ulamanusantara #pemudahijrah #shiftpemudahijrah #pelita #cintaquran #cintasunnah #tauhid

1

syiar.tauhid

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa [Thaha/20:132] Sumber : Safdah Tv, @safdahtv, YouTube : Safdah Tv. Semoga bermanfaat. #safdahtv #safdah #ustabuyahyabadrusalam #abuyahyabadrussalam #ustadihidayatlcma #adihidayat #ustadzfirandaandirja #syafiqrizabasalamah #ustkhalidbasalamah #ustabdulsomad #ustoemarmita #usthananattaki #islamicquotes #kajianislam #nasehatislam #ulamanusantara #pemudahijrah #shiftpemudahijrah #pelita #cintaquran #cintasunnah #tauhid

1

dikacangin_ya

Bismillah... Nah buat yang habis makan pake tangan kanan terus gak mau jilatin beralasan jorok, padahal ini sunnah dan ada manfaatnya loh , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Menjilat tangan sebelum mencuci atau mengusapnya, Lanjutan dari hadits Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.”[HR. Muslim no. 2033] . Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari (seusai makan) adalah sesuatu yang disyari’atkan (dianjurkan). Alasannya sebagaimana yang disebutkan di akhir hadits, yaitu karena orang yang makan tidak mengetahui di manakah barokah yang ada pada makanannya. Makanan yang disajikan pada orang yang makan benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan, atau pada makanan yang tersisa pada jari atau pada mangkoknya, atau pada suapan yang terjatuh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini agar ketika makan pun bisa meraih barokah. Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya.” . An Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dibolehkan mengusap tangan dengan serbet, namun yang sesuai sunnah (ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) dilakukan setelah menjilat jari. [Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 13/204-205]. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #dijilat #dielap #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

dianayuastari

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #akhlak_zltc

1

zainalabidinltc

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #akhlak_zltc

0

zainalabidinltc

Bismillah... Nah buat yang habis makan pake tangan kanan terus gak mau jilatin beralasan jorok, padahal ini sunnah dan ada manfaatnya loh , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Menjilat tangan sebelum mencuci atau mengusapnya, Lanjutan dari hadits Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.”[HR. Muslim no. 2033] . Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari (seusai makan) adalah sesuatu yang disyari’atkan (dianjurkan). Alasannya sebagaimana yang disebutkan di akhir hadits, yaitu karena orang yang makan tidak mengetahui di manakah barokah yang ada pada makanannya. Makanan yang disajikan pada orang yang makan benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan, atau pada makanan yang tersisa pada jari atau pada mangkoknya, atau pada suapan yang terjatuh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini agar ketika makan pun bisa meraih barokah. Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya.” . An Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dibolehkan mengusap tangan dengan serbet, namun yang sesuai sunnah (ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) dilakukan setelah menjilat jari. [Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 13/204-205]. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #dijilat #dielap #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #akhlak_zltc

0

adzam.sulaiman

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

6

ddnmuhamadfahri

0

thehijrahvibes

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #akhlak_zltc

0

zainalabidinltc

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #akhlak_zltc

0

zainalabidinltc

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #akhlak_zltc

0

dikacangin_ya

Nah buat yang suka duduk bersandar dengan tangan kiri kebelakang, ini duduk yang di murkai Allah loh. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Syirrid bin Suwaid radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah pernah melintas di hadapanku sedang aku duduk seperti ini, yaitu bersandar pada tangan kiriku yang aku letakkan di belakang. Lalu baginda Nabi bersabda, “Adakah engkau duduk sebagaimana duduknya orang-orang yang dimurkai?” (HR. Abu Daud no. 4848. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan dalam Syarh Riyadhus Sholihin, “Duduk dengan bersandar pada tangan kiri disifatkan dengan duduk orang yang dimurkai Allah. . Adapun meletakkan kedua tangan di belakang badan lalu bersandar pada keduanya, maka tidaklah masalah. Juga ketika tangan kanan yang jadi sandaran, maka tidak mengapa. Yang dikatakan duduk dimurkai sebagaimana disifati nabi adalah duduk dengan menjadikan tangan kiri di belakang badan dan tangan kiri tadi diletakkan di lantai dan jadi sandaran. Inilah duduk yang dimurkai sebagaimana yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sifatkan.” . Jika ada yang bertanya, logikanya mana, kok sampai duduk seperti ini dilarang? Maka jawabnya, sudah dijelaskan bahwa duduk semacam ini adalah duduk orang yang dimurkai Allah (maghdhub ‘alaihim). Jika sudah disebutkan demikian, maka sikap kita adalah sami’na wa atho’na, kami dengar dan taat. Tidak perlu cari hikmahnya dulu atau berkata ‘why?‘ ‘why?‘, baru diamalkan. Seorang muslim pun tidak boleh sampai berkata, ah seperti itu saja kok masalah. Sumber : https://rumaysho.com/2482-duduk-bersandar-yang-dimurkai.html . . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv . . . . #duduk #dimurkai #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

_rabdillah

1

imam_mustamal

DAUROH 4 BIKERS SUNNAH INDONESIA Bandung, 11-12 Agustus 2018 #ashiiltv #safdahtv #safdah #maududiabdullah #ustadzbadrusalam #bikersunnah

2

zainalabidinltc

Nah buat yang suka nguap hoaammm gak ditahan dilepas gitu aja dan gak ditutup lagi nguapnya, mulai sekarang dirubah yuk gimana adab yang benar ketika menguap. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Mengenai menguap terdapat hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ. . “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994) Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ. . “Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995) Sumber : https://rumaysho.com/1991-mukjizat-di-balik-bersin-dan-menguap.html . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig safdahtv; . . Simak kajian lainya di nrmnhdyt . . #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #nguap #adabharianmuslim #menguap #syaiton #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #regrann #akhlakzltc

0

m_rizky31

Jadi..Apa yang sudah kita lakukan untuk agama ini? syukron ustad @firanda_andirja #firandaandirja #salafi #manhajsalaf #dakwahsunnah #safdah #IndonesiaBertauhid #quotes

0

yesislam12

2

muler5397

0

nandahkurniawan

Nah buat yang suka nguap hoaammm gak ditahan dilepas gitu aja dan gak ditutup lagi nguapnya, mulai sekarang dirubah yuk gimana adab yang benar ketika menguap. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Mengenai menguap terdapat hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ. . “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994) Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ. . “Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995) Sumber : https://rumaysho.com/1991-mukjizat-di-balik-bersin-dan-menguap.html . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig safdahtv; . . Simak kajian lainya di nrmnhdyt . . #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #nguap #adabharianmuslim #menguap #syaiton #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

broadcastislam

Broadcasting safari dakwah PPMI @balimengaji Usia yang mulai merambat senja, tidak menjadi penghalang bagi beliau untuk senantiasa shalat berjamaah di mushalla An Nur Denpasar. Bahkan kesempatan belajar tahsin (ilmu alquran) dengan semangat diikuti. Asatidz muda dari Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Madinah Indonesia sedang menggelar Safari Dakwah dan Bakti sosial di Bali. Kegiatan mereka juga berdakwah di lingkungan LAPAS (Lembaga pemasyarakatan) maupun ke daerah-daerah se antero Bali.. kegiatan ini hasil kerjasama PPMI, Bali Mengaji dan MUI Provinsi Bali. Kegiatan baksos salah satunya memberikan sumbangan untuk perbaikan dan pengembangan sarana-prasarana ibadah (mushalla & masjid) serta bahan pokok pangan bagi warga sekitar yang membutuhkan... Bali, dengan komunitas Bali Mengaji sering mengadakan kajian-kajian ilmiah bersama para asatidz yang bermanhaj dan beraqidah ahlus sunnah dengan pemahaman para salaf. Komunitas ini juga kerap melaksanakan kegiatan kepedulian sosial seperti tanggap darurat bencana Gunung Agung, Banjir Bandang Bima, Banjir Bandang Singaraja, Bantuan sosial kesehatan dan lainnya melalui Bali Mengaji Peduli. Silahkan follow akun sosial media Bali Mengaji di IG, Youtube, Fanpage dll nya dengan keyword Bali Mengaji Semoga mereka diberkahi oleh ALLAH karena berjuang dan berdakwah di jalan ALLAH. Bagi anda yang di daerahnya memiliki kegiatan kajian sunnah lainnya silahkan mention @broadcastislam untuk kami broadcast ulang demi berbagi menyebar kebaikan. #yufid #rodja #dakwahsunnah #therabbanian #kajiansunnah #rumaysho #muslimafiyah #salaf #salafi #manhaj #sunnah #tahsin #muallaf #safdah #ppmi #balimengaji

3

fiqihwanita_

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; #editor @nrmnhdyt . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_

21

kajian_islam03

0

hafizahn10

1

yfp28

0

sunnah_dakwah

1

rohis22jkt

0

rohis22jkt

0

rohis22jkt

0

ukh_sary

Bismillah... Nah ini dia buat yang suka denger ayam berkokok dan anjing menggonggong di malam hari, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. . _________________________________ Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan  kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan.” (HR. Bukhari 3303 dan Muslim 2729). . Dalam riwayat Ahmad, terdapat keterangan tambahan, ’di malam hari’, Apabila kalian mendengar ayam berkokok di malam hari, sesungguhnya dia melihat Malaikat. Karena itu, mintalah kepada Allah karunia-Nya. (HR. Ahmad 8064 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). . Ketika mendengar anjing mengonggong dan ringkikan keledai malam hari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang tidak kalian lihat’. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 29797; Ahmad 3/306 dan 355; Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad no. 1234). . 📝Sumber : konsultasisyariah.com & muslimafiyah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #ayam  #anjing  #malam  #syaiton  #setan  #keluyuran #safdah  #ustadzkhalidbasalamah #ustadzkhalid #khalidbasalamah #ustadzsyafiqrizabasalamah #dakwah #dakwahislam #islam #dakwahtauhid #kajiansunnah #kajiansalaf #ustadzabdulsomad #sunnah #aswaja #pelangiislam #ceramah #ustadzadihidayat #akhwat #beraniberhijrah

1

alvnachn

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; #safdah  #muslim #muslimah  #adab #ikhwan  #akhwat  #akhi  #ukhti #kajian  #dakwah  #salaf  #hijrah #ilmu #sunnah  #kajianislam #islam #islamic #kajiansunnah #dakwahislam #dakwahtauhid #muhasabahdiri #selfreminder #reminder #hijrah #istiqomah #islamicquotes #penyakitain

0

alvnachn

Bismillah...  #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; 🔁nrmnhdyt #larangan  #prank  #safdah  #muslim #muslimah  #adab #ikhwan  #akhwat  #akhi  #ukhti #kajian  #dakwah  #salaf  #hijrah #ilmu #sunnah  #kajianislam #islam #islamic #kajiansunnah #dakwahislam #dakwahtauhid #muhasabahdiri #selfreminder #reminder #hijrah #istiqomah #islamicquotes

0

wildanrazakk

Ustadz Abu Yahya Badrusalam DOA BERBUKA YANG BENAR ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.” (HR. Abu Daud: 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya: 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad: 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra: 1390. Hadits ini dinilai hasan oleh syaikh Albani) KAPAN DOA INI DIUCAPKAN Dilihat dari arti doa di atas, dzahir menunjukkan bahwa doa ini dibaca setelah orang yang berpuasa itu berbuka. Syaikh Ibnu Utsaimin menegaskan, “Hanya saja, terdapat doa dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika doa ini shahih, bahwa doa ini dibaca setelah berbuka. Yaitu doa: Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…dst. Doa ini tidak dibaca kecuali setelah selesai berbuka.” (Al-Liqa As-Syahri, no. 8) Keterangan yang sama juga disampaikan dalam Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 7428. Karena itu, urutan yang tepat untuk doa ketika berbuka adalah: 1. Membaca basmalah sebelum makan kurma atau minum (berbuka). 2. Mulai berbuka 3. Membaca doa berbuka: Dzahaba-zh Zama’u…dst. DOA BERBUKA YANG SALAH اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rezekika afthortu “Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka.” Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan, “Sanad hadits ini dhaif, karena di sana ada Daud bin Az-Zibriqon, dan dia perawi matruk.” (At-Talkhis Al-Habir, 3:54) Ada juga yang ditambahi dengan lafadz: بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ Dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang paling welas asih Tambahan ini juga tidak memiliki dasar dalam syariat. Karena itu, sebaiknya tidak dilantunkan sebagai doa berbuka. Akan tetapi sebelum anda mulai berbuka, anda bisa membaca doa apapun, untuk kebaikan dunia dan akhirat Anda. Adapun Doa setelah berbuka, maka ada doa khusus yang diajarkan Nabi seperti doa berbuka yang benar di atas. #ramadan #ramadhan #puasa #bulanpuasa #doaberbuka #doaberbukapuasa #bukber #safdah #safdahtv #ramadhankareem #sunnah

0

dewi_widyantari

ADAB HARIAN MUSLIM Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Amalan islam apa yang paling baik?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. ” (HR. Bukhari no. 6236) Dalam hadits Abul Malih, dari seorang shohabat yang sedang boncengan sama Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam Aku pernah boncengan bersama Nabi shollallohu alaihi wa sallam, lalu hewan tunggangan kami tersandung, akupun mengatakan: “celakalah setan!”. Maka Nabi shollallohu alaihi wa sallam berkata kepadaku: “jangan engkau katakan: ‘celakalah setan’, karena jika engkau mengucapkan itu maka setan itu akan semakin besar hingga besarnya seperti sebuah rumah dan setan akan berkata : ‘ini terjadi karena kekuatanku’, akan tetapi katakanlah: ‘bismillah’, karena jika engkau mengucapkan itu, setan akan mengecil sampai seperti lalat.” [HR. Abu Dawud, Ahmad, an-Nasa’i, al-Hakim, dll. Dishohihkan syaikh al-Albani rohimahulloh dalam Shohih al-Kalim ath-Thoyyib 1/174] Silahkan dishare dan Semoga bermanfaat bagi kita semua. Allahu yahdikum Repost : @safdahtv @dakwah.ghuroba #kajianislam #dakwah #islam #safdahtv #safdah #bekalmuslim #celotehmuslim #pemudahijrah #beranihijrah #adabharian #adabharianmuslim #tersandung #salam #sunnah #hadits #adab #akhlakmuslim #salam #muslim #tersandung #assalamualaikum #dzikir #jatuh #ghuroba #akhwat #ikhwan #syaitan #islamituindah #hidayah #hijrah

0

chickenlobe

Regrann from @nrmnhdyt - Bismillah... Nah buat yang habis makan pake tangan kanan terus gak mau jilatin beralasan jorok, padahal ini sunnah dan ada manfaatnya loh , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Menjilat tangan sebelum mencuci atau mengusapnya, Lanjutan dari hadits Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.”[HR. Muslim no. 2033] . Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari (seusai makan) adalah sesuatu yang disyari’atkan (dianjurkan). Alasannya sebagaimana yang disebutkan di akhir hadits, yaitu karena orang yang makan tidak mengetahui di manakah barokah yang ada pada makanannya. Makanan yang disajikan pada orang yang makan benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan, atau pada makanan yang tersisa pada jari atau pada mangkoknya, atau pada suapan yang terjatuh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini agar ketika makan pun bisa meraih barokah. Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya.” . An Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dibolehkan mengusap tangan dengan serbet, namun yang sesuai sunnah (ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) dilakukan setelah menjilat jari. [Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 13/204-205]. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #dijilat #dielap #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk - #regrann

0

majelisfiqihwanita

#repost @majelisfiqihwanita #repost @majelisfiqihwanita #repost @eka_kurniawatie Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_

0

majelisfiqihwanita

#repost @ekakurniawatie بسم الله Bismillah... Nah ini dia buat yang suka denger ayam berkokok dan anjing menggonggong di malam hari, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. . Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan  kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan.” (HR. Bukhari 3303 dan Muslim 2729). . Dalam riwayat Ahmad, terdapat keterangan tambahan, ’di malam hari’, Apabila kalian mendengar ayam berkokok di malam hari, sesungguhnya dia melihat Malaikat. Karena itu, mintalah kepada Allah karunia-Nya. (HR. Ahmad 8064 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). . Ketika mendengar anjing mengonggong dan ringkikan keledai malam hari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang tidak kalian lihat’. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 29797; Ahmad 3/306 dan 355; Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad no. 1234). . 📝Sumber : konsultasisyariah.com & muslimafiyah.com Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig@safdahtv; . . #ayam #anjing #malam #syaiton #setan #keluyuran #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita

0

chaneltauhid

Bismillah... Nah ambilah makanan yang terdekat dulu dan jangan lupa kalo bisa pake 3 jari, kenapa enggak? Sunnah itu pasti banyak manfaatnya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh. Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim) Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan. Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud). #adabmakan #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

majelisfiqihwanita

#repost @majelisfiqihwanita #repost @eka_kurniawatie Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_

1

majelisfiqihwanita

#repost @eka_kurniawatie Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_

0

belajarmenjadilebihbaik

#Repost @lampung.sunnah • • • . Bismillah... Nihh !! buat yang kalo mau MAGHRIB masih suka KELUYURAN... . dengan alasan ingin jalan-jalan atau yang lainnya, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana sunnah nya yang benar ketika menjelang waktu maghrib. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat . Beberapa Sunnah Nabi ﷺ di Waktu Maghrib . . Pertama : Termasuk sunnah, memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib . Kedua : Termasuk sunnah, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala . Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumahketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut, demikian pula menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah pada saat tersebut. Dan betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orang tua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita. . Dalil perbuatan ini adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: . . “Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan : jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012). . . . 📝Sumber : muslim.or.id Jazakumullahu Khairan 🎬 safdahtv ; muslimorid . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #larangan #keluar #maghrib #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

0

belajarmenjadilebihbaik

#Repost @lampung.sunnah • • • . Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

2

vikry.abdullah

Dianjurkan pula untuk mengibaskan kain pada tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring. Anjuran ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. Di dalam riwayat yang lain dijelaskan bahwa jumlah kibasan yang dianjurkan adalah sebanyak tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim). #dakwahislam #kajiansunnah #sunnah #safdah #gelombanghijrah #hijrah

0

mufitadysaputra

~AWAS 'AIN~ Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ وَمِنْ نَفْسِهِ وَمِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ العَيْنَ حَقٌّ Apabila salah seorang kalian melihat kekaguman pada saudaranya, pada dirinya, dan hartanya, hendaknya dia mendoakan barakah untuknya, karena pengaruh 'ain itu benar adanya." HR. Ahmad 3/447, al-Hakim 4/215 dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam al Silsilah al Shahihah no. 2572 dan al Kalim al Thayyib no. 244 Di antara cara mendoakan keberkahan terhada apa yang dilihatnya adalah بَارَكَ اللَّهُ فِيهِ Ya Alloh Semoga Alloh memberikan berkah padanya اللَّهُمَّ بَارِكْعَلَيْهِ Ya Alloh berkahilah atasnya اللَّهُمَّ بَارِكْلَهُ Ya Alloh berkahilah baginya 2. Hendaklah mengucapkan مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ Sungguh atas kehendak Allohlah semua ini terwujud Hal ini didasari firman Alloh dalam surat Al-Kahfi ayat 39. Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut dengan mengatakan :”Ketika engkau masuk suatu kebun dan kau merasa takjub akan keindahannya, mengapa engkau tidak memuji Alloh atas nikmat yang telah diberikan kepadamu seperti nikmat harta dan anak keturunan yang tidak diberikan kepada selain engkau dan mengapa kamu tidak mengucapkan masya’Alloh la quwwata illa billah 🎬&Capt @safdahtv #harianmuslim #sunnahharian #adabharian #salaf #salafushalih #manhajsalafushshalih #sunnah #ahlussunnah #muslimindonesiacerdas #pemudahijrah #fakirilmu #tauhid #dakwah #dakwahtauid #safdahtv #safdah #remajamuslimindonesia

0

aneukmuqberdakwah

0

mufitadysaputra

ADAB HARIAN MUSLIM KETIKA MENDENGAR AYAM BERKOKOK, ANJING MENGGONGGONG DAN KELEDAI MERINGKIK DI MALAM HARI Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang tidak kalian lihat ( HR Ibnu Abi Syaibah, Imam Ahmad, Al-Bukhari ) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila kamu mendengar ringkikan keledai, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah dari godaan setan, karena dia melihat setan. Dan apabila kamu mendengar ayam jantan berkokok, maka mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Capt&🎬@safdahtv #harianmuslim #sunnahharian #adabharian #salaf #salafushalih #manhajsalafushshalih #sunnah #ahlussunnah #muslimindonesiacerdas #pemudahijrah #fakirilmu #tauhid #dakwah #dakwahtauid #safdahtv #safdah #remajamuslimindonesia

1

cici_prd

Nih mak @makcici0652 benerkan apa yang kakak bilang. Jngan d ulang ya. #Repost @fiqihwanita_(@repost_via_instant)Bismillah... Nah ini dia buat yang udah beruban hehe dan buat yang mau semir warna rambut nih jangan pake warna hitam yah, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. . _________________________________ Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan). . 📝Sumber : Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; #editor @nrmnhdyt Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #rambut #uban #putih #adab #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #fiqihwanita_

0

wiznu_jhon

#Repost @lampung.sunnah with @getrepost ・・・ . Bismillah... KEUTAMAAN SESORANG YG BERILMU" (FAQIH dalam ILMU AGAMA ) : . Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, pasti akan semakin semangat untuk belajar Islam. Jika keutamaannya semakin membuat seseorang dekat dengan Allah, diridhoi malaikat dan membuat penduduk langit, juga bumi tunduk, maka itu sudah jadi keutamaan yang luar biasa. Berikut kami tunjukkan beberapa di antara keutamaan ilmu agama: . . . 1- Yang paling takut pada Allah hanyalah orang yang berilmu . Hal ini bisa direnungkan dalam ayat : . إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28). . Para ulama berkata : “Siapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah.” . . . 2- Orang yang dipahamkan ILMU AGAMA oleh ALLAH, itulah yang dikehendaki kebaikan. Dari Mu’awiyah, Nabi ﷺ bersabda : . “Barangsiapa yang ALLAH kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka ALLAH akan memahamkan dia tentang ILMU AGAMA.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037). . . . 3- Akan hidup terus setelah matinya. . Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda : . “Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631) . . Semoga Allah beri hidayah untuk terus menempuh jalan meraih ilmu bermanfaat. . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Yufid.tv . . Simak kajian lainya di : @lampung.sunnah follow : @lampung.sunnah . . . . . #islam #muslim #muslimah #keutamaan #ilmu #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

0

yogarezki26_

#Repost @dedyrahmatabuuwais ・・・ Nah buat yang suka nguap hoaammm gak ditahan dilepas gitu aja dan gak ditutup lagi nguapnya, mulai sekarang dirubah yuk gimana adab yang benar ketika menguap. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Mengenai menguap terdapat hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ. . “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994) Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ. . “Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995) Sumber : https://rumaysho.com/1991-mukjizat-di-balik-bersin-dan-menguap.html . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig safdahtv; . . Simak kajian lainya di nrmnhdyt . . #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #nguap #adabharianmuslim #menguap #syaiton #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

1

alifwm

1

aprianie00

Bismillah... #selfreminder ... Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk Rp : @nrmnhdyt . . silahkan tag temanmu, biar tidak ikut-ikutan jadi "Pengemis Zaman NOW"

0

messriyandi

1

fadli_zl

1

kamarudin_88

0

putussibau_mengaji

0

rioonaldi_

Nah buat yang suka duduk bersandar dengan tangan kiri kebelakang, ini duduk yang di murkai Allah loh. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Syirrid bin Suwaid radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah pernah melintas di hadapanku sedang aku duduk seperti ini, yaitu bersandar pada tangan kiriku yang aku letakkan di belakang. Lalu baginda Nabi bersabda, “Adakah engkau duduk sebagaimana duduknya orang-orang yang dimurkai?” (HR. Abu Daud no. 4848. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan dalam Syarh Riyadhus Sholihin, “Duduk dengan bersandar pada tangan kiri disifatkan dengan duduk orang yang dimurkai Allah. . Adapun meletakkan kedua tangan di belakang badan lalu bersandar pada keduanya, maka tidaklah masalah. Juga ketika tangan kanan yang jadi sandaran, maka tidak mengapa. Yang dikatakan duduk dimurkai sebagaimana disifati nabi adalah duduk dengan menjadikan tangan kiri di belakang badan dan tangan kiri tadi diletakkan di lantai dan jadi sandaran. Inilah duduk yang dimurkai sebagaimana yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sifatkan.” . Jika ada yang bertanya, logikanya mana, kok sampai duduk seperti ini dilarang? Maka jawabnya, sudah dijelaskan bahwa duduk semacam ini adalah duduk orang yang dimurkai Allah (maghdhub ‘alaihim). Jika sudah disebutkan demikian, maka sikap kita adalah sami’na wa atho’na, kami dengar dan taat. Tidak perlu cari hikmahnya dulu atau berkata ‘why?‘ ‘why?‘, baru diamalkan. Seorang muslim pun tidak boleh sampai berkata, ah seperti itu saja kok masalah. . . . . #duduk #dimurkai #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #yukrapatkanshaf #tukangrepostdakwah

0

s0ny_k

Regrann from @nrmnhdyt - Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk - #regrann

0

ikhwan_padang92

- . 🔘 Tanya: Assalamu ‘alaikum. Ustadz, saya sering mendengar dari kebanyakan orang yang mengatakan bahwa hubungan intim pada malam Jumat adalah sunnah Nabi. Apakah benar adanya?. . 🔘 Jawab: Wa’alaikumussalam. Kami belum pernah menemukan ayat Alquran atau hadis sahih yang menunjukkan anjuran tersebut. Jika ada yang menyampaikan hal tersebut maka dia diminta untuk menyampaikan dalil. (Jawaban Ustadz Abdullah Zaen, M.A.). . . ▶️ Tambahan dari Ustadz Ammi Nur Baits: Terdapat sebuah hadis yang mengisyaratkan anjuran hubungan intim di malam jumat, Dari Aus bin Abi Aus radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan memandikan, dia berangkat pagi-pagi dan mendapatkan awal khotbah, dia berjalan dan tidak berkendaraan, dia mendekat ke imam, diam, serta berkonsentrasi mendengarkan khotbah maka setiap langkah kakinya dinilai sebagaimana pahala amalnya setahun.” 📚 (H.R. Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah; dinilai sahih oleh Imam An-Nawawi dan Syekh Al-Albani). . • Sebagian ulama mengatakan, “Kami belum pernah mendengar satu hadis sahih dalam syariat yang memuat pahala yang sangat banyak selain hadis ini.” Karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan semua amalan di atas, untuk mendapatkan pahala yang diharapkan”. 📚 (Al-Mirqah, 5:68). . • Disebutkan dalam Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abu Daud, bahwa ada sebagian ulama yang mengartikan kata “memandikan” dengan ‘menggauli istri’, karena ketika seorang suami melakukan hubungan intim dengan istri, berarti, dia memandikan istrinya. Dengan melakukan hal ini sebelum berangkat shalat Jumat, seorang suami akan lebih bisa menekan syahwatnya dan menahan pandangannya ketika menuju masjid. 📚 (Lihat Aunul Ma’bud, 2:8). . • Jika kita menganggap pendapat ini adalah pendapat yang kuat maka anjuran melakukan hubungan intim di hari Jumat seharusnya dilakukan sebelum berangkat shalat Jumat di siang hari, bukan di malam Jumat, karena batas awal waktu mandi untuk shalat Jumat adalah setelah terbit fajar hari Jumat. Allahu a’lam . 🎥 safdahtv 🌎 konsultasisyariah.com . #sunnah #batammengaji #batamsunnah #manhajsalaf #tauhid #share #jumat #safdah

0

lusi_syarifah_dewi

Regrann from @rickofahruliansyah - . 🔘 Tanya: Assalamu ‘alaikum. Ustadz, saya sering mendengar dari kebanyakan orang yang mengatakan bahwa hubungan intim pada malam Jumat adalah sunnah Nabi. Apakah benar adanya?. . 🔘 Jawab: Wa’alaikumussalam. Kami belum pernah menemukan ayat Alquran atau hadis sahih yang menunjukkan anjuran tersebut. Jika ada yang menyampaikan hal tersebut maka dia diminta untuk menyampaikan dalil. (Jawaban Ustadz Abdullah Zaen, M.A.). . . ▶️ Tambahan dari Ustadz Ammi Nur Baits: Terdapat sebuah hadis yang mengisyaratkan anjuran hubungan intim di malam jumat, Dari Aus bin Abi Aus radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan memandikan, dia berangkat pagi-pagi dan mendapatkan awal khotbah, dia berjalan dan tidak berkendaraan, dia mendekat ke imam, diam, serta berkonsentrasi mendengarkan khotbah maka setiap langkah kakinya dinilai sebagaimana pahala amalnya setahun.” 📚 (H.R. Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah; dinilai sahih oleh Imam An-Nawawi dan Syekh Al-Albani). . • Sebagian ulama mengatakan, “Kami belum pernah mendengar satu hadis sahih dalam syariat yang memuat pahala yang sangat banyak selain hadis ini.” Karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan semua amalan di atas, untuk mendapatkan pahala yang diharapkan”. 📚 (Al-Mirqah, 5:68). . • Disebutkan dalam Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abu Daud, bahwa ada sebagian ulama yang mengartikan kata “memandikan” dengan ‘menggauli istri’, karena ketika seorang suami melakukan hubungan intim dengan istri, berarti, dia memandikan istrinya. Dengan melakukan hal ini sebelum berangkat shalat Jumat, seorang suami akan lebih bisa menekan syahwatnya dan menahan pandangannya ketika menuju masjid. 📚 (Lihat Aunul Ma’bud, 2:8). . • Jika kita menganggap pendapat ini adalah pendapat yang kuat maka anjuran melakukan hubungan intim di hari Jumat seharusnya dilakukan sebelum berangkat shalat Jumat di siang hari, bukan di malam Jumat, karena batas awal waktu mandi untuk shalat Jumat adalah setelah terbit fajar hari Jumat. Allahu a’lam . 🎥 safdahtv 🌎 konsultasisyariah.com . #sunnah #batammengaji #batamsunnah #manhajsalaf #tauhid #share #jumat #safdah

2

trie_yanie_

0

ryndam_ammar

Bismillah... Nah buat yang habis makan pake tangan kanan terus gak mau jilatin beralasan jorok, padahal ini sunnah dan ada manfaatnya loh , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Menjilat tangan sebelum mencuci atau mengusapnya, Lanjutan dari hadits Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.”[HR. Muslim no. 2033] . Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari (seusai makan) adalah sesuatu yang disyari’atkan (dianjurkan). Alasannya sebagaimana yang disebutkan di akhir hadits, yaitu karena orang yang makan tidak mengetahui di manakah barokah yang ada pada makanannya. Makanan yang disajikan pada orang yang makan benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan, atau pada makanan yang tersisa pada jari atau pada mangkoknya, atau pada suapan yang terjatuh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini agar ketika makan pun bisa meraih barokah. Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya.” . An Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dibolehkan mengusap tangan dengan serbet, namun yang sesuai sunnah (ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) dilakukan setelah menjilat jari. [Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 13/204-205]. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #dijilat #dielap #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

ryndam_ammar

Nah buat yang suka duduk bersandar dengan tangan kiri kebelakang, ini duduk yang di murkai Allah loh. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Syirrid bin Suwaid radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah pernah melintas di hadapanku sedang aku duduk seperti ini, yaitu bersandar pada tangan kiriku yang aku letakkan di belakang. Lalu baginda Nabi bersabda, “Adakah engkau duduk sebagaimana duduknya orang-orang yang dimurkai?” (HR. Abu Daud no. 4848. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan dalam Syarh Riyadhus Sholihin, “Duduk dengan bersandar pada tangan kiri disifatkan dengan duduk orang yang dimurkai Allah. . Adapun meletakkan kedua tangan di belakang badan lalu bersandar pada keduanya, maka tidaklah masalah. Juga ketika tangan kanan yang jadi sandaran, maka tidak mengapa. Yang dikatakan duduk dimurkai sebagaimana disifati nabi adalah duduk dengan menjadikan tangan kiri di belakang badan dan tangan kiri tadi diletakkan di lantai dan jadi sandaran. Inilah duduk yang dimurkai sebagaimana yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sifatkan.” . Jika ada yang bertanya, logikanya mana, kok sampai duduk seperti ini dilarang? Maka jawabnya, sudah dijelaskan bahwa duduk semacam ini adalah duduk orang yang dimurkai Allah (maghdhub ‘alaihim). Jika sudah disebutkan demikian, maka sikap kita adalah sami’na wa atho’na, kami dengar dan taat. Tidak perlu cari hikmahnya dulu atau berkata ‘why?‘ ‘why?‘, baru diamalkan. Seorang muslim pun tidak boleh sampai berkata, ah seperti itu saja kok masalah. Sumber : https://rumaysho.com/2482-duduk-bersandar-yang-dimurkai.html . . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig safdahtv; . . Simak kajian lainya di nrmnhdyt . . #duduk #dimurkai #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

1

trie_yanie_

jidat hitam apa riya part1 #safdahtv #safdah #hukum #riya Bagaimana??

0

ikhwan_padang92

Bismillah... Nah buat yang nunda bayar utang nih padahal tau kewajiban segera membayar utang, jangan sampai utang itu dibawa mati :( , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِىَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). Ibnu Majah juga membawakan hadits ini pada Bab “Peringatan keras mengenai hutang.” . Baca lebih lengkapnya di situs https://rumaysho.com/187-bahaya-orang-yang-enggan-melunasi-hutangnya.html . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #woy #bayar #hutang #wajib #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk -

1

dody_struggle

. #selfreminder Nah buat yang masih suka mencela makanan.... . tidak sadar mengomentari atau mencela makanan, mulai sekarang dirubah yuk !! gimana adab yang benar ketika makan. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat . . Janganlah menjelek-jelekkan makanan, kalau tidak suka yah tinggalkan saja. Tak perlu beri komentar tanda seolak-olah menolak rizki Allah. . Imam Nawawi membawakan dalam kitab Riyadhus Sholihin mengenai tidak bolehnya mencela makanan dan disunnahkan memujinya. Beliau bawakan dua hadits dari Abu Hurairah dan Jabir berikut ini. . Tidak Menjelek-jelekkan Makanan Dari Abu Hurairah, ia berkata : . “Tidaklah Nabi ﷺ mencela suatu makanan sedikit pun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya. Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya).” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064). . Lihatlah Rasulullah ﷺ memberikan cara bagaimana menghadapi makanan yang tidak kita sukai, yaitu dengan ditinggalkan. (Bahjatun Nazhirin, 2: 51). . Ibnu Baththol rahimahullah mengatakan, “Inilah adab yang baik kepada Allah Ta’ala. Karena jika seseorang menjelek-jelekkan makanan yang tidak disukai, maka seolah-olah dengan ucapan jeleknya itu, ia telah menolak rizki Allah.” (Syarh Al Bukhari, 18: 93) . Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan, “Makanan dan minuman yang dinikmati ketika disodori pada kita, hendaklah kita tahu bahwa itu adalah nikmat yang Allah beri. Nikmat tersebut bisa datang karena kemudahan dari Allah. Kita mesti mensyukurinya dan tidak boleh menjelek-jelekkannya. Jika memang kita suka, makanlah. Jika tidak, maka tidak perlu makan dan jangan berkata yang bernada menjelek-jelekkan makanan tersebut.” (Syarh Riyadhus Sholihin, 4: 199) . . 📝Sumber : Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 safdahtv ; nrmnhdyt . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #larangan #mencela #makanan #safdah #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #sunnah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #yufid #rumaysho #sharing #post #kajianyuk #mengaji

0

rickypatriadi

. Bismillah... Nahh !! buat akhii dan ukhtii yang ingin tahu GIMANA Sihh HUKUMNYA MINUM SAMBIL BERDIRI !!! ... . dan gimana sih SUNNAH nya yang benar ketika hendak minum. silahkann disimak videonya, Semoga bermanfaat !! . . Mengenai HUKUM MINUM Sambil BERDIRI !!! . Al Maziri rahimahullah berkata, . . “Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh (terlarang).” (Lihat Fathul Bari, 10: 82) . . . Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, . “Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi ﷺ minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim, 13: 195) . . Catatan: Sedangkan Sebagian orang mengatakan bahwa minum air zam-zam disunnahkan sambil berdiri berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan di atas. Anggapan ini tidaklah tepat karena Nabi ﷺ minum zam-zam sambil berdiri menunjukkan kebolehkan saja agar orang tidak menganggapnya terlarang. Jadi yang beliau lakukan bukanlah suatu yang sunnah atau sesuatu yang dianjurkan. Sebagaimana dikatakan Al Bajuri dalam Hasyiyah Asy Syamail, . . Jawaban dilanjut di kolom komentar 👇👇👇 . . 📝Sumber : rumaysho Jazakallahu Khairan 🎬 @safdahtv . . Simak video lainnya di Instagram : @lampung.sunnah Follow : @lampung.sunnah . . . . . . . #islam #muslim #muslimah #ilmu #sunnah #minum #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #tauhid #lampung #akidah #akhlak #safdah #rumaysho #manhaj #sharing #post #kajianyuk #islam #mengaji

0

ip_ikfan

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

2

akhi_hen

• • • ADAB HARIAN MUSLIM PENGEN TIDUR BARENG OM JIN? Tonton Adab Harian Muslim di SAFDAH TV: https://youtu.be/JnCfoFluzj0 Facebook SAFDAH TV: https://www.facebook.com/safdahtv/videos/1666789063402067/ Instagram SAFDAH TV: https://www.instagram.com/p/Bf7dWRkl9cj/ Video Lain Tonton & Subscribe SAFDAH TV di https://www.youtube.com/user/safaridakwah2014 ANJURAN MENEBAH / MENGIBAS KASUR SEBELUM TIDUR DI ATASNYA Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” [HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050. Lafazh yang seperti ini berdasarkan riwayat Muslim] Follow @safdahtv Safdah TV mengajak anda berpartisipasi dalam dakwah dengan berdonasi melalui rekening kami di: NO. REK: 7105052426 A.N: YAYASAN CINTA SUNNAH BANK SYARIAH MANDIRI CIBUBUR CP 087766060977 Bantu share yuuk.. biar lebih bermanfaat lagi.. dan menjadi ladang pahala kita... insya Allah sumber @safdahtv follow @akhi_hend #akhi #hend #salaf #adab #kajianislam #kajianilmiah #dakwah #islam #safdahtv #bekalmuslim #IslamMenjawab #TanyaIslam #TanyaUstadz #UstadzDitanya #kajianyuk #ikhwanjakarta #indonesiabertauhid #celotehmuslim #pemudahijrah #beranihijrah #adabmuslim #adabharianmuslim #indonesia #jakarta #bandung #surabaya #medan #yogyakarta #tidur #kasur #jin #pontianak #pontianakmengaji #panjitv #safdah #dakwahtv

1

ryndam_ammar

Nah ini dia buat yang udah beruban hehe dan buat yang mau semir warna rambut nih jangan pake warna hitam yah, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. . _________________________________ Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan). . . #ikhwan_smi #teamtauhid #sunnah #hijrah #pemudahijrah #1minutebooster #pemudahijrahsukabumi #rambut  #uban  #putih  #adab  #safdah #muslim  #muslimah  #rumaysho #adabharianmuslim  #adabharian  #yufid #ikhwan  #akhwat  #akhi  #ukhti  #kajian #dakwah  #salaf  #hijrah #ilmu  #sharing  #post #sunnah  #kajianyuk #repost @safdahtv

3

mrs.yeyen_

#Repost from @nrmnhdyt with @regram.app ... Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

6

akhwatseffy

Musim hujan telah tiba! Hujan itu rahmat dari Allah jadi jangan dicela ya, buat yang kebiasaan latah waktu denger petir nih, mulai sekarang ganti kebiasaannya dengan doa ya, Yuk simak videonya, Semoga bermanfaat :) Mensyukuri Nikmat Turunnya Hujan Apabila Allah memberi nikmat dengan diturunkannya hujan, dianjurkan bagi seorang muslim untuk membaca do’a, اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.” . . Do’a Ketika Mendengar Petir Dari ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan, سُبْحَانَ الَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ ‘Subhanalladzi sabbahat lahu’ (Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya). Lalu beliau mengatakan, “Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.” (Lihat Adabul Mufrod no. 722, dihasankan oleh Syaikh Al Albani) Apabila Abdullah bin Az Zubair mendengar petir, dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan, سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ ‘Subhanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaikatu min khiifatih’ (Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya). . . 📝Muslim.or.id Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdah.tv . . Simak kajian lainya di @nrmnhdyt . . #indonesiabertauhidofficial #safdah #hujan #musimhujan #tiba #latah #ayam #jangan #mencela #adabseharihari  #salwatv #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #film #ilmu #sharing #post  #video60detik #kajian #salaf #sunnah #dakwahvigram #kajianyuk

0

babay1905

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka ngaGetin orang, yang suka prank in orang nih, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #larangan #prank #kaget #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

ryndam_ammar

Bismillah... #selfreminder Nah buat yang suka minta oleh oleh, minta traktir, minta minta lah pokoknya hehe. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040); . . Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.” (HR. Ahmad 4: 165. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lain); . . Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Meminta-minta adalah seperti seseorang mencakar wajahnya sendiri kecuali jika ia meminta-minta pada penguasa atau pada perkara yang benar-benar ia butuh.” (HR. An-Nasa’i, no. 2600; Tirmidzi, no. 681; Ahmad, 5: 19. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih); . . Baca lebih lengkapnya, bagaimana meminta minta yang diperbolehkan👇 . Sumber : https://rumaysho.com/13306-meminta-traktir-teman-apa-sama-dengan-mengemis.html. . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; . . #celotehmuslim #jangan #mintaminta #oleholeh #traktir #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

1

ryndam_ammar

Bismillah... Nah buat yang nunda bayar utang nih padahal tau kewajiban segera membayar utang, jangan sampai utang itu dibawa mati :( , yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِىَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). Ibnu Majah juga membawakan hadits ini pada Bab “Peringatan keras mengenai hutang.” . Baca lebih lengkapnya di situs https://rumaysho.com/187-bahaya-orang-yang-enggan-melunasi-hutangnya.html . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #woy #bayar #hutang #wajib #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

2

saepudin8254

Regrann from @pecintadakwaislam_ - Bismillah... Nah ini dia buat yang suka denger ayam berkokok dan anjing menggonggong di malam hari, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. • _________________________________ Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan  kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan.” (HR. Bukhari 3303 dan Muslim 2729). • Dalam riwayat Ahmad, terdapat keterangan tambahan, ’di malam hari’, Apabila kalian mendengar ayam berkokok di malam hari, sesungguhnya dia melihat Malaikat. Karena itu, mintalah kepada Allah karunia-Nya. (HR. Ahmad 8064 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). • Ketika mendengar anjing mengonggong dan ringkikan keledai malam hari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang tidak kalian lihat’. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 29797; Ahmad 3/306 dan 355; Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad no. 1234). . 📝Sumber : konsultasisyariah.com & muslimafiyah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; • @pecintadakwaislam_ @pecintadakwaislam_ @pecintadakwaislam_ • 📲sumber info media online • #ayam  #anjing  #malam  #syaiton  #setan  #keluyuran #safdah  #ustadzkhalidbasalamah  #ustadzkhalid #khalidbasalamah  #ustadzsyafiqrizabasalamah #dakwah  #dakwahislam  #islam  #dakwahtauhid #kajiansunnah  #kajiansalaf  #ustadzabdulsomad #sunnah  #aswaja  #pelangiislam #ceramah #ustadzadihidayat #akhwat  #beraniberhijrah  #Repost @pelangiislamwith @insta.save.repost • • • - #regrann

0

ryndam_ammar

Bismillah... Nah buat yang ketika takjub melihat harta orang lain atau seseorang , jangan biasakan bilang wuih keren, wuih mantep, wuih cakep. Ternyata ada adabnya loh ketika melihat suatu yang takjub kepada orang lain agar orang tersebut tidak terkena ain, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Hakikat ‘Ain ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi-Nya, Muahmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta perlindungan dari orang yang dengki. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, . “Dan dari keburukan orang yang dengki ketika dengki.” (QS. Al-Falaq: 5) . Setiap orang yang menimpakan ‘ain adalah hasid (pendengki) dan tidak setiap hasid adalah orang yang bisa menimpakan ‘ain. Karena hasid itu lebih umum ketimbang orang yang bisa menimpakan ‘ain, maka meminta perlindungan dari hasid berarti meminta perlindungan dari orang yang bisa menimpakan ‘ain. Yaitu panah yang keluar dari jiwa hasid dan pelaku ‘ain yang tertuju pada orang yang didengki (mahsud atau ma’in), yang adakalanya menimpanya dan adakalanya tidak mengenainya. Jika ‘ain itu kebetulan menimpa orang yang dalam keadaan terbuka tanpa pelingdung, maka itu berpengaruh pada orang tersebut. Sebaliknya, bila ia menimpa orang yang waspada dan bersenjata, maka panah itu tidak berhasil mengenainya, tidak berpengaruh padanya. Bahkan barangkali panah itu kembali kepada pemiliknya. (diringkas dari Zad al-Ma’ad). . Baca lebih lengkapnya di👇 https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html . 📝konsultasisyariah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #bahaya #ain #takjub #harta #orang #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

ryndam_ammar

Repost from @fiqihwanita - Nah buat yang suka nguap hoaammm gak ditahan dilepas gitu aja dan gak ditutup lagi nguapnya, mulai sekarang dirubah yuk gimana adab yang benar ketika menguap. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. Mengenai menguap terdapat hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ. . “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994) Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ. . “Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995) Sumber : https://rumaysho.com/1991-mukjizat-di-balik-bersin-dan-menguap.html . . 📝Rumaysho.com Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig safdahtv; . . Simak kajian lainya di nrmnhdyt . . #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #indonesiabertauhid #nguap #adabharianmuslim #menguap #syaiton #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

0

maulana.abdul.azis

Budayakan baca caption semoga bermanfaat #Repost @dedyrahmat_abuuwais • • • Nah buat yang suka duduk bersandar dengan tangan kiri kebelakang, ini duduk yang di murkai Allah loh. yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Syirrid bin Suwaid radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah pernah melintas di hadapanku sedang aku duduk seperti ini, yaitu bersandar pada tangan kiriku yang aku letakkan di belakang. Lalu baginda Nabi bersabda, “Adakah engkau duduk sebagaimana duduknya orang-orang yang dimurkai?” (HR. Abu Daud no. 4848. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan dalam Syarh Riyadhus Sholihin, “Duduk dengan bersandar pada tangan kiri disifatkan dengan duduk orang yang dimurkai Allah. . Adapun meletakkan kedua tangan di belakang badan lalu bersandar pada keduanya, maka tidaklah masalah. Juga ketika tangan kanan yang jadi sandaran, maka tidak mengapa. Yang dikatakan duduk dimurkai sebagaimana disifati nabi adalah duduk dengan menjadikan tangan kiri di belakang badan dan tangan kiri tadi diletakkan di lantai dan jadi sandaran. Inilah duduk yang dimurkai sebagaimana yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sifatkan.” . Jika ada yang bertanya, logikanya mana, kok sampai duduk seperti ini dilarang? Maka jawabnya, sudah dijelaskan bahwa duduk semacam ini adalah duduk orang yang dimurkai Allah (maghdhub ‘alaihim). Jika sudah disebutkan demikian, maka sikap kita adalah sami’na wa atho’na, kami dengar dan taat. Tidak perlu cari hikmahnya dulu atau berkata ‘why?‘ ‘why?‘, baru diamalkan. Seorang muslim pun tidak boleh sampai berkata, ah seperti itu saja kok masalah. Sumber : https://rumaysho.com/2482-duduk-bersandar-yang-dimurkai.html . . 📝Rumaysho.com ________________________________ Jazakumullahu Khayron 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig safdahtv; . . Simak kajian lainya di nrmnhdyt . . #duduk #dimurkai #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #muslim #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk #yukrapatkanshaf #tukangrepostdakwah

0

hidayat.mohi

Bismillah... #selfreminder Nah ambilah makanan yang terdekat dulu dan jangan lupa kalo bisa pake 3 jari, kenapa enggak? Sunnah itu pasti banyak manfaatnya, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. ________________________________ Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim) . Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan. . Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud). . 📝Muslimah.or.id ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #adabmakan #makan #3jari #sunnah #safdah #muslim #muslimah #rumaysho #adabharianmuslim #adabharian #yufid #ikhwan #akhwat #akhi #ukhti #kajian #dakwah #salaf #hijrah #ilmu #sharing #post #sunnah #kajianyuk

2

arviniariskiputri

Simak yaa.. Bismillah... Nah ini dia buat yang suka denger ayam berkokok dan anjing menggonggong di malam hari, yuk simak videonya, Semoga bermanfaat. . _________________________________ Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan  kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan.” (HR. Bukhari 3303 dan Muslim 2729). . Dalam riwayat Ahmad, terdapat keterangan tambahan, ’di malam hari’, Apabila kalian mendengar ayam berkokok di malam hari, sesungguhnya dia melihat Malaikat. Karena itu, mintalah kepada Allah karunia-Nya. (HR. Ahmad 8064 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). . Ketika mendengar anjing mengonggong dan ringkikan keledai malam hari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang tidak kalian lihat’. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 29797; Ahmad 3/306 dan 355; Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad no. 1234). . 📝Sumber : konsultasisyariah.com & muslimafiyah.com ________________________________ Jazakumullahu Khairan 🎬 Safdahtv; Simak video lainnya di Channel Youtube SafdahTv; Follow ig @safdahtv; . . #ayam  #anjing  #malam  #syaiton  #setan  #keluyuran #safdah  #ustadzkhalidbasalamah #ustadzkhalid #khalidbasalamah #ustadzsyafiqrizabasalamah #dakwah #dakwahislam #islam #dakwahtauhid #kajiansunnah #kajiansalaf #ustadzabdulsomad #sunnah #aswaja #pelangiislam #ceramah #ustadzadihidayat #akhwat #beraniberhijrah

1