wulaning on Instagram

Wulan Ratnaningsih

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ratnaningsih.wulan@yahoo.co.id

Report inappropriate content

.Yang Tak Kasat Mata (Bag.2). ."Nah selanjutnya yg ketiga, ada Malaikat pencatat amal perbuatan manusia.Setiap manusia selalu diiringi malaikat pencatat amal yang baik maupun yang buruk, amal besar maupun kecil.Allah berfirman,'Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu),mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. al-Infithar: 9-12).' Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Malaikat di sebelah kiri mengangkat pena catatan amal selama 6 jam ketika ada seorang hamba muslim yg melakukan maksiat.Jika dia menyesal & beristighfar kepada Allah dari maksiat itu,maka malaikat ini tidak jadi mencatatnya. Jika tidak,maka malaikat ini akan mencatatnya satu kesalahan.'(HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, 8/158 dan dishahihkan al-Albani)'.Nah itulah kenapa misal kita khilaf disarankan untuk segera istigfar." "Heuu aku sering lupa istigfar.padahal udah sering merasa bersalah." "Nah,makanya mulai sekarang biasakan dan jangan guyon.Ntar sengaja khilaf trus istigfar.Ga bole yg gitu jugak." "Hehehe iya.Udah tau salah sengaja nerobos trus minta maap." "Nah ada 1 malaikat juga ni sering jengukin kita.Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas RA. bahwa Rasulullah SAW bersabda:'Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Maut datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa.Maka berkata Malaikat Maut: Alangkah herannya aku melihat orang ini,padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja,tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa.' Coba deh kita itung, 1 hari=24 jam, 1 jam = 60 menit, 60 menit x 24 = 1440 menit. 1440 menit/70 kali malaikat melihat kita= +/- 21 menit, itu berarti Sang pencabut nyawa jengukin kita setiap 21 menit." "Oemjiiii...itu mah lebih serem dari pocong..." "Nah mulai sekarang imajinasinya tolong dikondisikan ya.Makhluk gaib yg nemenin kita tu banyak. Bahkan ada yg setia ngeliatin wajah kita tiap 21 menit." #YangTakKasatMataBagII #YouAreNeverAlone

0

.Yang Tak Kasat Mata (Bag. I). .Malam itu Rona tiba-tiba masuk ke kamar kakaknya,Ratna.Ratna kaget melihat adiknya yg suka tidur sendiri kini muncul di kamarnya. "Lah tumben,ngapain?Mo tidur sini?" "Iya..aku takut bobo sendiri." "Kok bisa?" "Abis nonton film Pocong.Takut halusinasi liat setannya,kan imajinasiku tinggi." "Wkwk gitu.yodah sini." Rona segera meloncat naik ke kasur lalu menyelimuti dirinya dgn selimut. "Dek,sebetulnya makhluk gaib itu ga hanya pocong tauk,"ucap Ratna. "Yaiyalah kan ada Kunti,ada tuyul.." "Bukan itu maksudnya.Ada makhluk gaib yg sebetulnya selalu menemani kita.Bahkan sejak kita di dalam kandungan ibuk.Apa tebak?" "Serem amat." "Haha,bukan bangsa jin, mereka itu dr bangsa Malaikat.Yg pertama malaikat yg menjaga kita di rahim ibu. Ada hadisnya, 'Allah mengutus seorang malaikat untuk rahim, lalu beliau mengatakan, ‘Ya Allah, ini nutfah.’ ‘Ya Allah, ini segumpal darah.’ ‘Ya Allah, ini segumpal daging.’ Ketika Allah hendak menyelesaikan penciptaannya, beliau bertanya, ‘Ya Allah, lelaki atau perempuan? Apakah dia orang yang celaka atau bahagia? Bagaimana rizkinya? Bagaimana ajalnya?’ akhirnya ditetapkan untuknya semua ketetapan itu di perut ibunya. (HR. Bukhari 6595 dan Muslim 2646)." "Waa...Trus..trus.." "Kedua, Malaikat penjaga fisik manusia.Allah berfirman, 'Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.(QS. ar-Ra’du: 11).Nah Ketika membahas ayat di atas, al-Hafidz Ibu Katsir menyebutkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Para Malaikat dimalam dan siang hari silih berganti mengawasi kalian,dan mereka berkumpul pada saat shalat Subuh dan shalat Ashar,kemudian para malaikat yang mengawasi kalian semalam suntuk naik (ke langit). Allah menanyakan kepada mereka, padahal Dia lebih mengetahui dari mereka, “Dalam keadaan apakah kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?” Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan mengerjakan shalat” (HR. Ahmad 8341, Bukkhari 555, Muslim 1464 dan yang lainnya).Gitu, trus selanjutnya...." (Bersambung ke Bag.2) #YouAreNeverAlone #YangTakKasatMataBagI

0

Sebetulnya hal yg bikin diri ini ngerasa terharu dari video di atas bukan semata karna nangisnya tapi lebih ke isi teks doa yg dilafalkan si adek yg menurutku rada anti mainstream buat dilafalkan anak anak. . Si adek mulai nangis pas melafalkan Alloh Maha Menghidupkan dan Mematikan. Sampai sini yg kutau ketika ada orang menyebut kalimat ini lalu dia nangis pastilah dia adalah yg bener bener paham bahwa seberapa panjang umurnya ketentuannya sudah ada di tangan Alloh. Dalam adab berdoa emang pas awal-awal kan kita suruh nyebut nama nama Alloh, ada Maha Kaya, Maha Adil, Maha Esa dst. Nah disini yang dilafalkan si adek adalah Maha Menghidupkan dan Mematikan. Rada anti mainstream menurutku karna sebagai pembuka doa anak kecil sudah diajari untuk selalu ingat mati yg otomatis ingat akhirat. Sementara mainstreamnya, kita lebih banyak diajari untuk menyebut Maha Pemurah, Maha Kaya, karna lebih sering meminta rezeki duniawi agar kehidupan bahagia sampai menutup mata, meski itupun ga salah juga sih, hehe. . . Selanjutnya si adek yg udah menangis ini meminta izin kepada Alloh dalam menjalankan tugas dan amanah. Speechless again karena disini si adek diusia dini sudah diajarkan bahwa hanya dengan izin Alloh kita bisa lancar menjalankan tugas dan amanah. Dan disitu disebutkan "tugas dan amanah Mu". Dari sini si adek sedang diajari bahwa kita hidup di dunia ini sebetulnya sedang melaksanakan tugas dan amanah yg diberikan oleh Alloh. Seperti seorang mahasiswa yg sedang menyusun skripsi, supaya mengerjakan skripsinya lancar dan segera selesai ya harus sering konsultasi dengan dosen. Kalau ada masalah tapi malah kita menjauh atau menghindari dosen, ya skripsinya ga akan segera kelar. Sama seperti saat kita ada masalah tapi malah menghindar atau menjauh dari Alloh yg memberi tugas dan amanah. Ya jelas jadi susah menemukan jalan keluarnya. Dah. Gitu. . . . .Abis nulis kepsyen langsung mojok muhasabah. T.T.

2

Mulai seneng nulis di IG sejak lulus kuliah S1. Waktu itu lg mikir bahwa apa yg kita bagikan di medsos jgn hanya isinya serba kegalauan atau serba pamer ini itu. Karna diri ini sadar sesungguhnya medsos itu seperti mata pisau. Jika digunakan dgn benar ya berguna bgt. Tp kalo engga ya bisa mndatangkan keburukan. Nah di tengah kegemaran merangkai kata inilah ketemu dengan akunnya kak qoonita @qooonit . Isinya inspiring banget! Salam kenal kak aku fans mu 😄😄! Hehe Kalo baca tulisan kak qonit tuh rasanya ngalir kaya air. Ringan bahasanya tapi hikmahnya beuh berad pake d. Hehe. Karna tiap selesai baca tulisan kak qoonit rasanya jd ingin muhasabah diri, ingin supaya diri bs jd insan yg lebih baek dr yg sebelumnya. . . Akibat dari saking sukanya sama tulisan beliau, selama ngikutin postingannya aku sampe nunggu2 kapan nih si kakak ini nerbitin tulisannya. Eh kemarin buka IG liat ada postingan ttg PO buku. Tanpa ba bi bu, Langsunglah aku cus pesen. Karna akhirnya setelah penantian panjang , yg ditunggu bakal segera terbit juga. Hehe. Oia Bukunya judulnya "Seni tinggal di Bumi". . . .Nb. pasti habis ini aku dikira marketing atau resellernya. Tapi g pp deng. Sapa tau diitung sama malaikat sbg marketing dlm kebaikan. Sapa tau kan ya... sapa tau.. kecipratan pahala. Xixixi. Oia PO kloter pertama dah tutup kayaknya. Haha. Semoga nanti kloter kedua dan seterusnya lebih ramai dari kloter pertama ya kak. Aamiin.. 😄 .Ttd Fans Tulisan Kak Qoonit.

1

.Mengapa Aku Berjilbab?(Part 2). . Sejak berkenalan & bergaul dgn mbak2 berwajah teduh di festifal UKM Fakultas Teknik itulah aku putuskan untuk memakai jilbab syari dan rok.Sekarang aku sadar knp dulu saat SMA aku masih berjilbab seadanya.Itu krn memang alasanku belum kuat.Bukan semata-mata krn Alloh tp hanya krn ikut2an. . .Teringat kisah percakapan 2 teman perempuan yg akan solat dzuhur. Satu orang sudah berjilbab & satunya belum brjilbab.Yg blm berjilbab lupa mmbwa mukena lalu meminjam ke yg berjilbab. "Pinjem mukenanya ya lupa g bawa nih." "Oke.Eh mau nanya deh kamu kalo solat knp pake mukena?" "Ya kan kita menghadap Alloh harus ketutuplah." "Oohh hehe iya bener bgt.Tapi sebetulnya meski kita sdg tdk solat pun Alloh juga liat kita.Hehe.Nih mukenanya :))" . .Semenjak mngetahui percakapan itu aku jg jd tau batas pakaian syari bg muslimah.Ketika kita bepergian & lupa g bawa mukena,apakah dgn pakaian yg dipakai sudah pede solat tnp mukena?jika sudah artinya pakaianmu sudah syari. . .Skrg bagiku pertanyaan "mengapa aku berjilbab?" sudah berganti fungsi mjd alarm diri.Saat diajak karaoke,ingat diri sudah berjilbab & pakaian syari otomatis akan tdk akan mngikuti ajakan tsbt.Saat diajak keluyuran malam2 yg tdk jelas, ingat diri sdh seperti ini otomatis akan menolak ajakan tsbt.Tanpa disadari,sejak memakai jilbab sesuai dgn perintah Alloh,diri ini ternyata scr otomatis mulai lebih selektif dlm beraktivitas & bersikap pada hal2 yg membahayakan diri & kehormatan diri. . .Skrg bagiku jilbab bukan lagi skedar identitas yg dipakai agar kita mudah dikenali orang.Jilbab justru menuntunku mengenali identitas diri sendiri sbg seorang muslimah.Tidak heran jika Alloh perintahkan muslimah menutup aurat secara langsung tanpa didahului perintah men-jilbabi hati terlebih dahulu.Karna ternyata awal dari perubahan besar hidup seorang muslimah dimulai dari jilbabnya. #IHSD2018 #Inikisakumanakisahmu:)

0

.Hikmah Terbaik. . Beberapa waktu yg lalu seorang kakak salihah yg kreatif & cerdas berkisah di IG storiesnya ttg kesuksesan seorang bapak penjual pisang.Bapak ini tadinya hanya berjualan pisang,lalu dia kembangkan usahanya dgn menjual pisang goreng.Pisangnya digoreng pake tepung yg enak & disajikan sedemikian rupa.Karna saking larisnya,tak terasa skrg si bapak punya ratusan atau malah ribuan orang pekerja yg ikut brdagang pisang goreng.Sampai pd suatu saat si bapak ini akhirnya mncapai kesuksesan.Hanya melalui usahanya tsbt beliau bisa mmbeli properti dimana-mana & saking banyaknya properti yg dimiliki,beliau katanya sampai tidak diijinkan lagi mmbeli properti & tanah.Amazing!Aku sbg pembaca kisahnya pun lgsg amaze dgn kreatifitas si bapak.Hanya dgn sentuhan yg sedikit berbeda dr biasanya,si bapak mampu mengemas hal sederhana (pisang goreng) mjd hal yg bernilai lebih dibanding produk lain. . Nah diantara ratusan pembaca IG stories kakak salihah ini.Ternyata ada orang yg dngn serius DM & bilang gini, "Oh jadi habis ini semua mahasiswa sarjana & magister lgsg berbondong2 jualan pisang goreng.Trus kuliah mereka sia2 krn tanpa kuliah jg bs kaya." . . Seketika aku menyadari,bahwa ternyata dari kisah sederhana tadi ada orang yg memetik hikmah yg berbeda dgnku.Ketika aku berfokus pd keajaiban kreatifitas,ternyata ada org yg justru fokus pd hal lain. . Sama dngn video yg hari ini sempat viral ttg pak jokowi yg mnyerahkan medali pd salah satu atlet muslimah,yg ternyata tidak mnjabat balik ajakan jabatan tangan p jokowi.Pasti akan ada orang yg berfokus pd keteguhan iman si atlet muslimah, tp pasti ada jg yg justru fokus pd hal lain yg sejujurnya bukan hikmah utama dr kejadian trsbt. . Trus bgmn memutuskan ini hikmah utama, itu bukan utama?Sejauh yg kuyakini,hikmah utama dr sebuah kejadian adlh pelajaran yg bisa kita petik untuk diri kita sendiri agar kedepan kita bisa mjd insan yg lbh baik lagi.So,selamat berburu hikmah! Good luck! :)) . “Allah memberikan hikmah bagi orang yg dikehendakinya.Barang siapa yg diberi hikmah itu,berarti ia telah mendapatkan kebaikan yang banyak.Hanya orang2 yg mau berfikir sajalah yg dapat mengambil pelajaran ini.” (QS.AlBaqarah 2 : 269)

3

.Manusia di Balik Layar. . . Beberapa waktu yang lalu baca updetan buleknya kirana dan rumaysa tentang bagaimana ibu dari Bulek Hana berpesan bahwa bulek tidak boleh menghalangi suami untuk berbakti kepada ibunya dan harus senantiasa menghormati dan menghargai ibu mertuanya.Karena seperti apa kebaikan, kesuksesan, dan kesalihan yg saat ini ada pada suami bulek hana, sejatinya adalah hasil dari jerih payah ibu mertua dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Sementara itu ketika bulek hana mampu berbakti kepada suami serta ibu mertua, maka itulah simbol keberhasilan ibu dalam mendidik bulek hana. . . . Ya, aku pun mempercayai kebenaran dari pesan yg sangat mendalam tersebut. Kebaikan apapun yg saat ini orang lihat dari kita. Kesuksesan apapun yg orang tahu tentang kita, pasti di belakang sana selalu ada kisah panjang dr perjuangan manusia di balik layar yang tanpa lelah terus menempa dan mendorong kita agar kita bisa mencapai kesuksesan. . . . Sejujurnya, aku pun tidak pernah menyangka akan datang saat dimana ada seseorang yang dengan ringan bertanya padaku. "Oke, kamu sudah bisa begini, pernah ini, kamu bisa sampai lolos ini, dan punya semangat seperti ini. Lalu, menurutmu siapa orang yang paling berjasa dalam hidupmu hingga kamu bisa mencapai itu semua?" . Keadaan sebelum pertanyaan itu dilontarkan biasa aja. Tapi, bbrapa detik setelahnya, tiba tiba terasa ada yg sesak di dada. Mata mulai terasa dipenuhi genangan air. Hidung terasa panas. Berikutnya tanpa sadar ambil napas, lalu buang.... Aku pun mencoba menjawab meski dengan bergetar, "Ibu saya ...." hening, diam, mencoba menguasai perubahan emosi yang tiba-tiba muncul, lalu mencoba mengungkapkan lagi, "Karena ibu saya yg selalu percaya akan mimpi mimpi dan cita cita saya. Selalu mendukung saya dengan dukungan terbaiknya dalam bentuk apapun. Sehingga saya memiliki semangat untuk terus berjuang." Tes...tes...air mata akhirnya jatuh juga. Heuh. Ciwek, batinku. Lalu aku senyum malu malu, "Bu, hehe maaf ya saya minta tisunya..." Ibunya senyum ketiwi. Oh God, malu banget. Haha. Bodo amat! . . . Nah kalo kamu, siapa orang paling berjasa dalam hidupmu? :)) #WkwkIniKisahKu #MyTrueStoryWkwk #PercayaGa?GaJugaGaPapa

0

.Ibadah Terlama. . . Dibeliin buku lagi sama adek tercantik @iftinanrona. Pas tau judul bukunya ttg pernikahan,ada rasa bahagia yg muncul.Bukan,bukan karena merasa cocok dgn tema bukunya.Tp aku bahagia lebih karena adikku yang masih SMA ini ternyata juga sudah paham,bahwa menikah bukan sekedar bgmn meyakinkan diri saling suka ini itu lalu lest go,tpi sebelum menikah kita butuh banyak belajar & mempersiapkan banyak hal.Salah satu caranya dengan membaca. . Alhamdulilah zaman now sudah tidak susah menemukan kelas2 persiapan alias kelas pranikah untuk kita2 yg ingin mempersiapkan diri sblm menikah.Namun diantara riuhnya kelas2 itu ada juga orang yg masih suka bilang gini "Kenapa sih mau nikah aja sekolah segala?Rempong amat." Nah biasanya kalo ada orang bilang gitu enaknya ditanya balik gini. "Menurutku menikah itu hal yg sakral,bukan main2 makanya aku mempersiapkan dgn sebaik-baiknya.Nah emg menurut kamu menikah itu apa?" Biasanya kalo ditanya balik gini pasti orangnya kicep. . . Ada juga orang yg pernah tanya padaku,"Eh itu kok ada panitia yg ngijinin anak SMA ikut seminar pranikah sih?Masa panitia mendukung menikah dibawah umur?" Atau "Eh itu kok ada anak SMA beli buku pranikah sih?" Eits.. ini dia pentingnya sering2 ikut seminar pranikah & baca buku2 pranikah.Justru aku malah senang saat ada anak SMA yg datang ke seminar pranikah dan atau baca buku pranikah.Karena ilmu pranikah itu bagian awalnya pasti menerangkan ttg bagaimana realita kehidupan pernikahan & konsekuensinya.Bagaimana tanggungjawab saat sudah mjd suami dan istri,juga bgmn tanggungjawab saat sudah mjd ayah dan ibu.Dan dibagian akhir seminar atau buku pranikah pasti akan diakhiri dengan pertanyaan, 'Jadi sudah siapkah kita?' Nah disinilah kita diajak bertanya pada dirinya sendiri sudah sejauh apakah kesiapan diri kita? . . . "Menikah adalah ibadah terlama,maka jangan lupa sebelum menikah persiapkan diri dengan segala niat yang benar-benar merujuk kepada Allah. Karena saat Allah yang menjadi rujukannya, maka tentu sampai kapanpun kita tidak akan pernah mengeluh, walau dlm pernikahan sering kita temui permasalahan."

0

(Review part 2) "Kenapa milih kerja di sana mba?"tanya @_aisyahizzati adik salihahku yg masih berjuang di Solo.Semalam udah ngetik review part 2 untuk diposting,tapi krn tiba2 diajak chat panjang ttg"alasan" oleh si adik salihah ini jadi kepikiran buat nulis ttg ini aja.So, knp aku mau kerja disini? . 1.Aku daftar seleksi di PUPR Semarang karna awalnya liat dulu apa sebetulnya proyek yg akan dikerjakan.Ternyata proyeknya adlh proyek bantuan bedah rumah untuk masyarakat kurang mampu di daerah jawa tengah.Thats the first good point. 2.Penempatannya kemungkinan di daerah2 di jawa tengah.Jd g akan sampe dibuang ke luar pulau jawa Hehe. Alhamdulillahnya juga dgn konspirasi terindahNya aku ditempatkan di kampung halamanku sendiri di Purworejo.Klo masalah gaji alhamdulillah g nyangka dapat segitu padahal itungannya kerja di daerah apalagi di jawa tengah. . So, sampai disini aku akhirnya memutuskan untuk ngambil ajadeh. Lalu mari kita lihat apalagi alasan Alloh menaruhku disini.Apalagi alasan yg mmbuatku stay disini? 3.Jngn bayangin kerjaannya cuma ngantor di dinas lalu duduk depan laptop berjam2.Salah besar! Haha.Kenyataanya bisa dibilang kerjaan ini 70% di lapangan, 30% di kantor.Di desa tugas kita muter2 dari satu rumah ke rumah lain utk survey, liat kondisi rumah & kondisi penerima bantuannya.Disinilah aku dapet ilmu pemberdayaan masyarakat desa.Gmn kita bisa komunikasi dan meyakinkan masyarakat desa bahwa mereka bisa punya rumah yg lebih baik.Gmn kita mengajak masyarakat buat berdaya bersama.Nah kerjaan macam gini sgt jarang konsultan arsitek bersinggungan.Selain itu efeknya aku jd mulai lancar bahasa daerah ni.Haha.Ga ding tetep amatir~ 4.Karna sering safari dari desa satu ke desa lain lama2 aku mulai tahu karakter dan keadaan orang2 di desa itu sebenernya kayak apa.Ternyata ilmu di kerjaan yg ini emg match dgn agenda kuliah masterku yg akan dimulai bulan januari tahun depan.Dulu pernah mikir,mau daftar kerja di konsultan mana ya?yg bisa ngajarin ilmu yg aku "butuhkan".Karena sangat jaraanggg bgt konsultan arsitek yg bersinggungan sama masyarakat desa.Nah aku rasa ini jawaban dari doa2 itu.Alhamdulillah. ~Man saara ala darbi washala~

31

(Review Part 1.) Jawaban Dari Pertanyaan Semasa Kuliah . . "Yang paling membahagiakan di dunia ini adalah saat apa yg kamu lakukan mendatangkan kebahagiaan bagi banyak orang ." . Seperti pada seorang dokter yg membantu pasiennya untuk sembuh. Seperti pada guru yg membantu muridnya menuntut ilmu dan menggapai cita-cita. . Saat masih kuliah arsitektur di solo kadang diri ini iri dengan profesi2 lain yg bisa ikut membahagiakan masyarakat dari semua lini. Karena dalam anggapan ku, masyarakat pengguna jasa arsitek tentunya adalah masyarakat kelas menengah ke atas. Kalau menengah kebawah ya mana mungkin cari arsitek untuk bangun rumah. Boro-boro arsitek, beli batu dan semen untuk pondasi aja sulit.Tapi akhirnya, anggapan pemakai jasa arsitek hanya orang-orang berduit semasa kuliah dulu pun hilang saat Alloh kirimkan diri ini ke lingkungan kerja yg sekarang. . So, jangan kecewa dulu di tengah jalan jika kamu berpikir apa yg kamu pelajari tidak akan bisa dimanfaatkan untuk membantu kalangan menengah ke bawah. Mau dimanfaatkan dimana dan untuk apa ilmu kita tergantung diri kita sendiri. Jika keinginan kita kuat, Alloh pasti bantu. Alloh pasti bimbing sampai kita menemukan jawaban dari pertanyaan kita, walau jawaban itu pun pasti melewati banyak hal yang akan membuat kita semakin takjub pada keindahan skenario Alloh. Kalo kata bang fuadi 'Man saara aladarbi washala', 'Siapa yang berjalan di jalanNya, maka akan sampai.' . . . "Teknologi dan ilmu untuk dibumikan bukan untuk publikasi semata. Ilmu kita untuk mengangkat derajat mereka. Selamat Bermanfaat!"(thelocalenablers quote)

7

Banyak tempat di muka bumi ini yang memiliki pemandangan sangat indah. Bahkan kadang pemandangan langit sore hari di tempat kita berpijakpun udah bisa bikin kita bilang "waw...masyaAlloh...keren..." dst. Trus kadang suka kepikiran nggak si. Banyak tempat tempat yang indah bertebaran di muka bumi ini. Lalu mana tempat yang palinggggg indah dan bisa bikin mata dan hati kita meleleh? Nah ini jawabannya. . . . "Kunjungilah tempat/lakukanlah perjalanan yang mana dengan melakukannya atau mendatanginya maka makin menguatkan imanmu."

1

Kun Fayakun. Kalau kita membawa suatu cita-cita yang tujuannya untuk umat. Alloh pasti bantu. _______________ I trust to Alloh and it works. :))

0

Semakin banyak keinginan duniawi semakin mencuri pikiran, waktu, tenaga dan kebahagian kita, padahal kebahagiaan dan kecukupan adalah milik orang yg bersyukur #Repost @aagym (@get_repost) ・・・ orang yang pandai bersyukur itu orang yang sangat mengagumkan. Ia terampil melihat sesuatu yang lain di balik setiap kejadian. Bahkan dalam kejadian yang tidak enak sekalipun tetap bisa menemukan kebaikan yang tersembunyi di baliknya. ***

1

Pas digeser, . .You sing, you lose.

2


Fatal error: Call to undefined function Twitter\Text\idn_to_ascii() in /srv/www/gramview.com/public_html/vendor/nojimage/twitter-text-php/lib/Twitter/Text/StringUtils.php on line 118